Tumbuhkan Ekonomi UMKM, JTP 3 Bersama PHRI Desa/Kelurahan Gelar Pameran Sebulan Penuh

Ketua PHRI Kota Batu Sujud Hariadi dan Direktur Utama JTP 3 Suryo Widodo

BATU (SurabayaPost.id) – Untuk menumbuhkan ekonomi UMKM dan semua potensi yang ada di masyarakat Kota Batu, manajemen Jatim Park (JTP) 3, Kota Batu akan menggelar Oktober Fair 2020. Event tersebut akan digelar di halaman parkir JTP 3 Kota Batu, sebulan penuh mulai Minggu (4/10/2020).

Menurut Direktur Utama JTP 3 Suryo Widodo, even tersebut untuk menumbuhkan ekonomi dan potensi yang ada. Terutama selama masa pandemi Covid-19.

Selain itu, kata dia agar Kota Wisata Batu punya kalender rutin setiap bulannya. “Ini sudah kita lakukan sosialisasi sebelumnya dengan para Kades dan Lurah serta para pelaku usaha se Kota Batu,” katanya.

Sosialisasi tersebut, kata dia juga melibatkan Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kota Batu. Harapannya, kata dia, agar lewat event Oktober Fair tersebut ekonomi bisa tumbuh dengan baik.

“Oktober Fair ini memang untuk menumbuhkan ekonomi UMKM. Bahkan menumbuhkan semua potensi yang ada di masyarakat Kota Batu,” ungkapnya.

Meski begitu, ungkap dia, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, harus tetap bisa menjaga protokol kesehatan. Oleh karena itu, kata dia, akan ada edukasi dalam penggunaan masker yang benar dan sebagainya.

“Oktober Fair ini, dari semua UMKM yang ada di Desa maupun Kelurahan di Kota Batu kita libatkan. Dan ini dengan protokol kesehatan Covid-19. Itu sudah direkomendasi dari Satgas Covid. Melalui even ini, semua tempat dan stan yang kita sediakan, digratiskan,” terangnya.

Itu, terang dia, agar tidak membebani bagi peserta,dan semua peserta bisa tertampung.Kemudian, terkait even yang sudah dijadwalkan dimulai tanggal 4 sampai akhir Oktober 202O mendatang,yang menurutnya sudah dipersiapkan jumlah stannya sekitar 100 lebih.

“Kriteria produk yang bakal digelar dari masing-masing Desa dan Kelurahan yang penting berkualitas. Sehingga punya daya tarik dan nilai jual,” paparnya.

Selain itu, papar dia, dari pihak lain juga bisa ikut berpartisipasi. Kendati demikian kata dia, akan mengutamakan masyarakat Kota Batu dari Desa dan Kelurahan.

“Even Oktober Fair yang perdana ini, kita inginkan supaya Kota Batu punya kalender rutin. Misalnya kalau bulan Januari ada apa kalau ke Batu ada even apa,” jelasnya.

Menurut dia, kalau sudah normal untuk kedepannya bakal ada even kalender yang tetap. Dia berharap itu bisa terselenggara dengan baik.

Sementara itu, Ketua PHRI Kota Batu Sujud Hariadi, mengaku akan mensuport Oktober Fair. PHRI Kota Batu berjanji bakal mendukung penuh gagasan JTP 3 tersebut.

“Kita atas nama PHRI ikut andil disitu, untuk perhotelan dan restoran setiap hari diberi kesempatan dua sampai tiga hotel yang memamerkan. Hari ini misalnya dari Hotel Purnama dan siapa,” katanya.

Itu, kata dia, nantinya akan diundi,tujuannya menurut dia,supaya tidak berebut hari pada Sabtu dan Minggu.

“Artinya azas keadilan itu ada. Dan yang kedua PHRI juga mempersilakan pada anggota yang mau berpameran setiap hari dalam 1 bulan penuh. Tapi mekanismenya harus koordinasi dengan JTP 3 langsung,” sarannya.

Itu, saran dia, kalau ada yang mau membuka stan sendiri.Dan yang ketiga ,lanjut dia, PHRI sudah sepakat tengah memberi diskon mencapai 50 persen.

“Untuk semua hotel maupun restoran di Kota Batu.Ini kita lakukan dari hasil keputusan kemarin.Dan ini sifatnya hanya sebatas himbauan dari PHRI.Meski sebatas himbauan,tapi yang merasa anggota PHRI diyakini bakal mematuhi,” tegasnya.

Dan ini, tegas dia, karena ikonnya Oktober Fair dan tujuannya untuk membranding Kota Wisata Batu, Sujud mengaku sangat berharap semuanya bisa sukses dan lancar.

“Melalui info ini,sekitar sejumlah 100 lebih hotel dan restoran di Kota Batu, dan yang tergabung di PHRI sekitar 90-an kita harap semua ikut.Karena semua ini tidak bisa sendiri – sendiri dan harus berkolaborasi demi Kota Wisata Batu,” pungkasnya. (Gus)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.