Meriahkan HUT RI, Pemdes Gempol Kurung Gelar Jalan Sehat

Gresik (SurabayaPost.id)- Momen istimewa perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, di Kabupaten Gresik rupanya tidak di sia siakan oleh warga masyarakat. Warga berlomba- lomba menggelar acara perayaan mulai dari berbagai macam lomba, arak- arakan karnaval hingga jalan sehat kemerdekaan.

Seperti halnya kemeriahan perayaan kemerdekaan yang berlangsung di wilayah Desa Gempolkurung. Sejak pagi hari ratusan warga Dusun Ngablak Rejo, dari RT 01 – 07/ RW 03, Desa Gempolkurung, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Minggu(25/8) membanjiri jalanan desa untuk mengikuti kegiatan jalan sehat memperingati Hari Ulang Tahun( HUT) ke- 79 Republik Indonesia.

Dalam kegiatan jalan sehat kemerdekaan yang berlangsung mulai pukul 07.00 WIB hingga 12. 00 WIB tersebut disambut suka cita ratusan warga masyarakat Dusun Ngablak Rejo, Desa Gempolkurung, mulai dari anak- anak, pemuda, ibu rumah tangga, hingga orang tua.

Tidak hanya itu saja, agar kegiatan jalan sehat semakin meriah, para warga juga berdandan rapi dengan mengenakan aneka busana keanekaragaman Nusantara, mulai dari busana putri kerajaan, busana Ratu pantai selatan Nyai Roro Kidul, kebaya merah hingga busana adat pulau Dewata Bali.

Antusias warga semakin tidak terbendung lantaran pihak panitia jalan sehat kemerdekaan telah menyiapkan aneka hadiah menarik yang bisa dibawa pulang para peserta jalan sehat dengan cara diundi pada penghujung acara.

Tidak tanggung- tanggung, pihak panitia menyiapkan hadiah istimewa yakni hadiah utama berupa sepeda listrik, sepeda gunung, kulkas, televisi, dan kipas angin. Tidak hanya itu saja, berbagai hadiah hiburan juga disiapkan untuk warga Dusun Ngablak Rejo, Desa Gempolkurung, Menganti.

Kemeriahan jalan sehat kemerdekaan ke- 79 RI ini disampaikan langsung oleh Pemdes Gempolkurung melalui Kepala Desa Gempolkurung, Nuriyadi. “Jalan sehat Dusun Ngablak Rejo dari RT 01 – 07 / RW 03 Desa Gempolkurung, dimulai dari jam 7-12. Hadiah utama sepeda listrik, sepeda gunung, kulkas, tv, kipas angin dan masih banyak hadiah lainnya,” ujar Kades Gempolkurung.

Masih menurut Kades Nuriyadi, selain menggelar giat jalan sehat kemerdekaan bersama ratusan warga, pada perayaan 17 Agustus 2024 tahun ini, Pemerintah Desa Gempolkurung juga telah menyiapkan berbagai kegiatan lainnya, diantaranya pagelaran wayang kulit dan campursari.

“Ada jalan sehat dan masih banyak kegiatan lain mas. Ada campursari dan wayang kulit,” terang Kades Nuriyadi

Lebih lanjut Kades Nuriyadi menambahkan, jika kesuksesan acara jalan sehat tidak lepas dari dukungan warga, seluruh perangkat desa, Karang Taruna, Bumdes, Ibu ibu PKK dan lainnya.

“Kegiatan tahun ini sangat meriah mas diikuti seluruh warga. Semoga perayaan HUT tahun depan lebih meriah lagi,” sambungnya.

Selain itu, Pemdes Gempolkurung juga berharap dengan adanya kegiatan jalan sehat kemerdekaan, membuat warga masyarakat semakin rukun, guyub dan selalu mengisi kemerdekaan dengan kegiatan dan hal- hal yang positif.

“Harapan kami, warga semakin guyub rukun, saling tolong menolong dan bersama- sama mendukung pembangunan di desa demi terwujudnya kemaslahatan bersama,” pungkasnya.(***)