Pj. Walikota Iwan Kurniawan: Kota Malang Punya Segalanya Menjadi Kota Kreatif

Pj. Walikota Iwan Kurniawan: Kota Malang Punya Segalanya Menjadi Kota Kreatif
Pj. Walikota Iwan Kurniawan: Kota Malang Punya Segalanya Menjadi Kota Kreatif

JAKARTA (SurabayaPost.id) – Hal itu disampaikan Penjabat Walikota Malang Iwan Kurniawan menanggapi hasil seleksi nasional tahap II pengusulan nominasi anggota jejaring kota kreatif UNESCO (UCCN) yang digelar di JS Luwansa hotel Jakarta, Senin (23/09/2024) kemarin.

Iwan mengaku bangga dan sangat mengapresiasi lolosnya Kota Malang dalam seleksi tahap kedua. Atas hasil ini Kota Malang berhak untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya bersama Kota Makasar, Kota Tangerang dan Kabupaten Ponorogo.

Penjabat Walikota Malang itu mengatakan lolosnya Kota Malang dalam dua tahapan seleksi menunjukkan Kota Malang punya kapasitas dan potensi besar untuk menjadi salah satu kota kreatif di dunia. Terlebih gagasan kreatif yang disajikan menjadi yang pertama ada di Indonesia.

“Tentu kita semua bersyukur dan menjadi satu kebanggaan bisa lolos di dua tahapan seleksi UCCN. Ini membuktikan begitu besar kapasitas dan potensi yang kita miliki untuk menjadi salah satu kota kreatif dunia,” ujar Pj Iwan Kurniawan dilansir dari rilis Bagian Prokompim Setda Kota Malang, Selasa (24/09/2024).

“Harapan, mimpi dan gairah besar ini menjadi stimulus positif sehingga bisa menciptakan ide, gagasan kreatif, dan saya di lapori Bu Kaban (Kepala Bappeda) dan Komite Ekonomi Kreatif (KEK), Malang city of media art ini jadi satu-satunya yang ada di Indonesia,imbuhnya,” lanjut Pj Iwan.

Dirinya juga mengatakan, Kota Malang punya segalanya untuk menjadi kota kreatif. Menurutnya, landasan kreatif di Kota Malang sudah terbangun dengan baik dan berkelanjutan. Iwan yakin keberadaan MCC semakin menumbuhkan potensi kreatif dan mengampu segala sumber daya yang ada.

Belum lagi, sambungnya, identitas Kota Malang sebagai kota pendidikan memberikan keuntungan tersendiri. Menurutnya, keuntungan ini di buktikan dengan maraknya kegiatan kreatif di MCC yang sebagain besar didominasi pelajar dan mahasiswa.

“Saya berkeyakinan Malang punya segalanya. Pondasinya sudah terbangun, sudah sustainable. Proses bisnis ditunjang dengan adanya MCC sebagai inkubator 17 sub sektor Ekraf di Kota Malang, sumber daya ini yang akan terus kita kuatkan bersama,”

“Kota malang sebagai kota pendidikan juga ikut berpengaruh, ada keuntungan disitu. Bisa kita lihat aktivitas di MCC, dominasinya pelajar dan mahasiswa artinya mereka juga bisa sebagai pelaku, bisa juga sebagai market potensial,”.

Lebih lanjut, Iwan menginstruksikan kepada tim dan stakeholder yang terlibat untuk bersinergi mempersiapkan tahapan seleksi selanjutnya. Sebagai informasi, rencananya tanggal 25-26 September mendatang, tim penilai akan turun langsung dan visitasi lapangan ke Kota Malang.

“Maka dari itu, kita persiapkan tahapan seleksi berikutnya sebaik mungkin, saling bersinergi, dan kita sajikan yang terbaik saat tim penilai datang ke Malang,”.

Terakhir Iwan berharap doa dan dukungan masyarakat Kota Malang. Menurutnya, pencapaian ini turut mengharumkan nama Kota Malang sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia dan dunia.

“Kepada segenap masyarakat Kota Malang, kita mohon doa dan dukungan, karena pencapaian ini adalah milik kita bersama dan semoga bisa semakin mengharumkan nama Kota Malang sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia dan dunia,”tutupnya. (**)