Wiralagabae, Mengubah Limbah Menjadi Tas Estetik Bernilai Tinggi

Wiralagabae, Mengubah Limbah Menjadi Tas Estetik Bernilai Tinggi. (istimewa)
Wiralagabae, Mengubah Limbah Menjadi Tas Estetik Bernilai Tinggi. (istimewa)

SIDOARJO (SurabayaPost.id) – Bisnis yang mengusung inovasi produk ramah lingkungan makin menjamur di tanah air. Bukan hanya bisnis daur ulang alias recycle, namun pengusaha upcycle pun bermunculan. Salah satu contohnya adalah produksi tas estetik dari limbah kain yang dilakukan content creator muda Wira Laga Bachtiar.

Wira merupakan content creator muda asal Sidoarjo yang sangat kreatif. Dia mempunyai brand Wiralagabae. Brand tersebut menjual produk tas-tas premium dengan bahan daur ulang. Wira berhasil mendapat perhatian pasar fashion Indonesia terutama di industri fashion ramah lingkungan. ”Bahan yang saya pakai termasuk cover kasur dan jeans bekas yang sudah tidak terpakai,” ujarnya dalam dalam program podcast Cerita Joni yang ditayangkan di youtube JNE ID (https://bit.ly/Wiralagabae). Cerita Joni merupakan program podcast yang diproduksi JNE mengenai kisah-kisah inspiratif enterpreneur dan UMKM di Indonesia.

Awalnya, Wira mengumpulkan bahan daur ulang dari pakaian bekasnya sendiri. Namun dia kini telah menjalin kerjasama dengan beberapa pemasok untuk meningkatkan produksi dan variasi produk. Dari sana, dia memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya, membuat konten menarik yang berhasil mendatangkan banyak pembeli baru.

Tentu saja, Wira juga harus menghadapi tantangan besar industri fashion. Yakni, perputaran tren fashion yang sangat cepat. “Model yang populer bulan ini bisa jadi sudah berganti bulan depan. Ini mendorong saya untuk terus berinovasi dan menciptakan desain baru,” paparnya.

Untuk terus bertahan, Wiralagabae fokus pada pembuatan tas yang berkelanjutan dan tahan lama. Misalnya, desain yang sustain dan long lasting. Sehingga, produknya bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Saking populernya, Wira mengungkapkan bahwa beberapa barang tiruan tasnya dijual dibawah harga jual tas Wiralagabae. Tentu harga barang tiruan tersebut jauh di bawah harga jual tas asli Wiralagabae yaitu kisaran Rp 300 ribu. “Tidak apa-apa, karena saya tidak bisa memaksakan orang membeli tas saya,” ucapnya.