Apresiasi Kinerja PSC 119, Wali Kota Ingatkan Soal Dukungan Berbagai Pihak

23 June 2021 - 17:13 WIB
Wali Kota Sutiaji bersama Wawali Sofyan Edi Jarwoko di acara PSC 119 Kota Malang

MALANG (SurabayaPost.id) – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji, mengapresiasi kinerja Public Safety Center (PSC) Kota Malang. Sebab  pelayanan dan respon cepat yang diberikan dalam menjamin kebutuhan masyarakat terkait hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan bidang kesehatan. 

Meski begitu, Wali Kota Sutiaji juga berpesan akan pentingya dukungan berbagai pihak. Hal itu untuk  menguatkan peran PSC di Kota Malang.

Pesan tersebut disampaikan pada kegiatan Penguatan PSC dalam Pengelolaan Upaya Pengurangan Resiko Krisis Kesehatan dan Pasca Krisis Kesehatan, Selasa, (22/06). Bertempat di Ijen Suites Resort and Convention, Malang, kegiatan ini juga digelar bertepatan dengan hari ulang tahun PSC Kota Malang yang ke-4. 

“PSC ini luar biasa. Dengan PSC ini langsung saja call 119, untuk seluruh masyarakat. Ketika ada ini call 119, langsung ada gerak cepat penanganan. Ini dalam rangka untuk bagaimana tidak ada keterlambatan penanganan-penanganan kasus kesehatan yang ada di Indonesia,” terang Walikota Sutiaji mengapresiasi.

Wali Kota Sutiaji dan Wawali Sofyan Edi Jarwoko pose bersama keluarga besar PSC 119 Kota Malang

Nampak mendampingi dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Komandan Kodim 0833, Letkol Arm. Ferdian Primadhona, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif.

Menurut Walikota Sutiaji, sebagai pusat pelayanan kegawatdaruratan medis pra rumah sakit yang memberikan respon cepat selama 24 jam, pelayanan PSC 119 Kota Malang tentunya perlu didukung dan terintegrasi dengan banyak stakeholder.

“Memang perlu support dan penguatan, bahwa PSC tidak bisa berdiri sendiri. Harus ditangkap oleh seluruh rumah sakit dan pihak terkait. Jadi begitu ada keluhan bisa ditangani secara cepat. Kolaborasi dengan berbagai pihak,” pungkas orang nomor satu di Kota Malang itu.

Walikota Sutiaji juga berpesan kepada PSC akan penguatan penanganan kegawat-daruratan medis pra rumah sakit. “Tetap menjadi pelopor dan pejuang.  Dari prehospital tadi terus dikuatkan. Sehingga mampu meminimalisir resiko kematian atau lamanya proses penanganan-penangan,” imbuh Walikota Sutiaji. 

Selanjutnya, Walikota Sutiaji juga mengingatkan kepada masyarakat luas akan pentingnya mengetahui penanganan kegawat-daruratan medis pra-rumah sakit. “Mudah-mudahan idealisme dan nilai-nilai kemanusiaan PSC mampu memberikan  contoh untuk masyarakat. Bahwa penanganan kegawat-daruratan tidak hanya di pundak PSC,  tapi juga berada di pundak-pundak kita semua,” tutupnya.

Terakhir, sebagai dinas yang mengampu PSC 119, kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif, mengungkapkan perlunya dukungan semangat dan motivasi bagi PSC 119 dalam melaksanakan pelayanan, mengingat peran penting yang diemban PSC 119.

“Perlu penguatan di dalam PSC. Bagaimanapun juga kendali terdepan di prehospital-nya. Sehingga angka morbiditas, kecacatan, maupun angka mortalitas, angka kematian ini akan sangat berkurang manakala prehospital-nya bisa dilaksanakan dengan baik. salah satunya, teman-teman di PSC ini,” papar Husnul. (Lil)