BBPPMPV BOE Malang Bangun Imej Dirjen Diksi Lewat Olahraga

23 January 2021 - 20:40 WIB
Plt Kepala BBPPMPV BOE Malang, Dr Ir Abdul Rochim, MM saat memberikan keterangan kepada wartawan disela pertandingan tenis lapangan

MALANG (SurabayaPost.id) – Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbud RI terus berjuang keras membangun imej dan citranya. Harapannya,  agar publik mengetahui dan memahami lembaga yang baru dibentuk setahun lalu itu. 

Untuk itu, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) Malang yang berada di bawah Dirjen Diksi,  ikut mengambil peran penting. Terutama dalam mengenalkan kepada publik. 

Salah satu kiat yang dilakukan BBPPMPV BOE Malang ini, dengan cara menggelar kompetisi antar lembaga lewat  olahraga.  Para  mitra laga pendidikan yang berhome base di kawasan Arjosari, Kota  Malang ini  diajak bertanding lewat beberapa cabang olahraga. 

Tim tenis lapangan dari Poltek AD (kanan) dan tim Angkatan Udara (AU) pose jelang pertandingan

Kompetisi pada beberapa cabang olahraga itu sekaligus untuk merayakan Dies Natalis Dirjen Diksi yang pertama. Itu.mulai dari bulutangkis,  tenis meja, hingga tenis lapangan. 

“Hari ini, kami melakukan lomba olah raga tenis lapangan. Pesertanya, para mitra dan stake holder,” kata Plt Kepala BBPPMPV BOE, DR Abdul Rochim MM, di sela sela perlombaan tenis lapangan di BBPPMPV BOE Malang, Sabtu (23/01/2021).

Menurut dia  semua itu dimaksudkan untuk sosialisasi kepada mitra. Selain itu, untuk memberikan semangat dan optimisme serta kebanggan kepada internal  Diksi. “Mengingat, kami di bawah naungan Dirjen Diksi, baru berusia 1 tahun,”  ungkapnya. 

Ia melanjutkan, dari sosialisasi tersebut diharapkan, akan menunjukkan loyalitas dan kebanggaan seluruh pegawai di lingkungan Ditjen Diksi. Mengingat, dengan berubahnya organisasi dan eselon 1 yang berbeda, membuat para pegawai muncul pertanyaan, dengan posisinya. 

Karena itu, kata dia,  dengan sosialisasi, akan menunjukkan semangat baru. Terutama yang berkaitan dengan tugas pokok fungsi masing masing.

pertandingan tenis lapangan yang digelar BBPPMPV BOE Malang

“Selain itu, sosialisasi juga dimaksudkan kepada stakeholder atau lembaga lembaga mitra. Dirjen Diksi mempunyai lembaga mitra terkait yang cukup luas. Bisa saja, nantinya dari lembaga terkait atau dunia industri mengajar. Sehingga kebutuhan dunia industri, bisa diketahui dengan pasti. Atau bahkan, melakukan research bersama menciptakan sebuah produk,” tandasnya.

Selain lomba tenis lapangan, tenis meja, bulu tangkis serta tenis lapangan. Diikuti 5 lembaga yakni, BLK Wonojati, Poltek AD, TNI AU, AAL Surabaya serta BBPPMPV BOE. Total jumlah peserta mencapai 60 orang

Selain perlombaan olahraga, lomba lain, seperti lomba band antar unit kerja, tumpengan maya, lomba video serta webinar, Gerakan Sekolah Menyenangkan bagi Sekolah Menengah Kejuruan.

“Hari ini merupakan lomba tenis lapangan tahap semifinal. Besok hari terakhir final tenis lapangan. Semoga pertandingan berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan,” pungkasnya. (Lil).