Bersama Pemkot Batu, Polres Gelar Vaksinasi Bagi Anak-anak

6 August 2021 - 21:54 WIB
Vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak yang digelar Polres Batu bersama Pemkot Batu.

BATU (SurabayaPost.id) – Polres Batu gandeng Pemkot Batu melakukan vaksinasi bagi anak-anak berusia 12 tahun ke atas. Sebanyak 100 anak divaksin  di Ruang Rupatama Polres Batu, Jumat (6/8/2021).

Hal itu, disampaikan Kabag Sunda Polres Batu, Kompol Ida Ayu Prameswari, Jumat ,6/8/2021,di Mapolres Batu.

“Vaksinasi bagi anak oleh Polres Batu sebenarnya telah dimulai sejak pekan lalu yang dibagi dalam tiga gelombang. Dengan target ditujukan kepada anggota Bhayangkara yang memiliki anak berusia 12-17 tahun,” katanya.  

Itu, kata dia, untuk hari ini vaksinasi telah dilakukan kepada sejumkah  100 anak.Tujuannya untuk mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok.

“Sesuai target  70 persen dari total sekitar 200 ribu penduduk di Kota Batu,” papar Ayu.

Siswa saat menjalani vaksinasi Covid-19 do Polres Batu

Itu, papar dia, bahwa sebelum dilakukan vaksinasi, peserta terlebih dulu melakukan skrining kesehatan. Untuk kemudian dilakukan swab antigen.

“Bagi yang dinyatakan reaktif/positif swab antigen maka akan ditunda terlebih dulu,” tegasnya.

Lantas, tegas dia, sebaliknya ketika dinyatakan negatif dan kondisi kesehatan dinyatakan baik, menurutnya akan dilakukan vaksinasi.

Sementara itu, menurut Jubir Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto bahwa pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak akan terus dilakukan secara bertahap.

“Pemkot Batu telah melakukan vaksinasi bagi 1027 pelajar. Untuk vaksinasi anak sudah mulai dilakukan sejak Rabu (4/8) lalu. Pelaksanaan vaksinasi anak dilakukan setelah vaksinasi bagi guru dilakukan,” ujarnya.

Lantas, ujar dia, dirinya mencatat sudah sekitar 90 persen guru di Kota Batu sudah mengikuti vaksinasi.

Selain itu, berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Batu, menurut Onny untuk vaksinasi guru telah mencapai 9.595 orang. Dari total jumlah guru dan tenaga pendidik 1.106 orang. Dengan rincian sudah vaksin 1 ada 1.001 atau 90,5 persen dan sudah vaksin sebanyak 981 atau 88,7 persen.

Untuk terbaru, lanjut dia, kembali mendapat jatah vaksin sebanyak 136 vial atau 1360 dosis. 

“Rencananya vaksin tersebut akan diperuntukkan bagi yang belum melakukan vaksinasi tahap 2 dan akan dilakukan pada tanggal 10 Agustus depan,” katanya.

Kemudian, kata dia, untuk pelaksanaan vaksin akan dilakukan di lima faskes,Yakni.

“Meliputi Puskesmas Batu, Puskesmas Sisir dan SAB Beji dengan masing-masing mendapat 200 dosis. Kemudian untuk Puskesmas Junrejo, Beji dan RS Baptis masing-masing 120 dosis. Serta JTP 3 sebanyak 400 dosis,” pungkasnya. (Lil)