BIN Malang Dukung Vaksinasi Anak

11 January 2022 - 15:58 WIB

MALANG ( SurabayaPost.id ) – Dukung vaksinasi anak, Badan Intelejen Negara ( BIN ) kolaborasi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Selasa ( 11/1/2022) turun gunung sasar Kantor Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Hal tersebut, dibenarkan Kepala Desa ( Kades) Ngroto,Prayogi SH, Selasa, 11/1/2022.

“Jumlah warga Desa Ngroto tercatat akhir 2021, sebanyak  6.615 jiwa. Capaian Vaksin untuk masyarakat umum mencapai 85 persen, untuk lansia sementara 63 persen,” kata Yogi sapaan akrabnya.

Untuk itu, pihaknya berharap aktivitas masyarakat bisa berjalan dengan tetap, namun mengedepankan prokes yang diyakini bakal membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

” Kegiatan vaksinasi yang dihelat di Balai Desa Ngroto, Dusun Krajan ini, dalam rangka mendukung PTM, dimana di desa kami lembaga pendidikan dan juga ponpes cukup lengkap hanya kurang Universitas saja,” ungkapnya.

Lantas, ungkap dia, kegiatan vaksinasi yang didukung oleh BIN ini, Yogi berharap dapat mendukung target pelaksanaan PTM sesuai surat edaran Bupati Malang.

” Sesuai surat edaran dari Bapak Bupati Malang Sanusi, dengan adanya sinergitas Dinkes Kabupaten Malang bersama BIN dan TNI-Polri kami mengucapkan terima kasih,” ucapnya.

Sementara itu, Pranowo Adi, koordinator survailenace Puskesmas Pujon, mengaku target 100 persen vaksinasi warga di Kabupaten Malang khususnya Kecamatan Pujon belum tercapai, alasannya.

” Karena terkendala kesehatan masyarakat sendiri (komorbit) sehingga secara medis untuk capaian 100 persen dilapangan akan sulit,” ngakunya.

Meski begitu, Adi mengaku upaya jajaran Dinkes Kabupaten Malang untuk mendukung capaian vaksinasi secara maksimal sesuai surat edaran Bupati juga terus dilakukan.

” Dengan menggelar kegiatan yang dilakukan melalui Posyandu, kegiatan di Puskesmas dan juga kegiatan door to door,” tandasnya.

Dengan demikian, tandas dia, sementara dalam mendukung PTM, menurut dia, sedikit ada kendala karena ketakutan dari si anak.

” Namun untuk orang tua sangat mendukung sehingga capaian vaksin anak usia sekolah di Pujon mencapai 90 persen,” timpalnya ( Gus)