BUMD Desa Pandanrejo Diyakini Dongkrak Ekonomi Masyarakat

11 July 2019 - 16:37 WIB
Kades Pandanrejo, Abdul Manan

BATU (Surabayapost.id) – Keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu diyakini bisa mendongkrak ekonomi masyarakat. Keyakinan tersebut, disampaikan Kepala Desa (Kades) Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Abdul Manan, Kamis  (11/7/2019).

Menurut dia, pengelolaan BUMD itu melibatkan para petani stroberi. Mereka mengelola lahan stroberi puluhan hektar. Selain itu, hasil produksinya menjadi sasaran para wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata Batu.

“Aktivitas warga sekitar dalam mengelola stroberi  praktis mendongkrak kesejahteraan ekonomi warga desa setempat. Bersama Usaha Kecil Menengah (UMKM) sebagai pengelola tanaman stroberi, jumlah luas lahannya sementara ini, mencapai sejumlah 22 hektar kebun stroberi,” katanya.

Dengan demikian, Manan menjelaskan, melalui Bumdes, Lumbung Stroberi dan sahabat UKM,menurutnya dari salah satunya terwujudnya Bumdes sebagai pilar utama pendongkrak perekonomian desa setempat.

“Oleh karena itu, para petani diwajibkan mengetahui, dan memahami customer agar produk atau layanan bisa sesuai dengan apa yang diharap customer,” tegasnya.

Artinya, tegas dia, apa yang diinginkan dan yang diperlukan customer, menurut nya supaya bisa sejalan dengan visi dan misi Pemkot Batu.

“Itu tak lepas dari visi dan misi yang digagas  Wali Kota Batu, Ibu Dewanti Rumpoko, melalui visi dan misinya dengan menyiapkan sebagai desa berdaya,” tandasnya.

Lantas tandas dia, masyarakat desa setempat, secara bersama mengusahakan bagaimana pemberdayaan masyarakat melalui desa wisata, yang lebih familiar,” paparnya.

Meski begitu, Manan mengaku masih akan tetap berbenah, dan bakal mengawal anggaran yang ada di desanya. Mengingat, kata Manan, sumber anggaran yang di desa tersebut, dijelaskannya dari beberapa persennya bisa dipergunakan untuk mengembangkan Bumdes.

“Karena diperbolehkan dari anggaran berapa persen nya untuk Bumdes.Jadi kami sangat berharap ,agar satu Dusun Pandanrejo bertani stroberi dan  tetap mendapatkan keuntungan,” mintanya, sembari menyerukan karya dari Desa Pandanrejo punya kas oleh – oleh tersendiri dengan tampil beda dari desa lainnya, stroberi Pandanrejo gemilang. (gus)