Event Cobra Paragliding Open Championship Yonkes 2 Kostrad Diyakini Bakal Sedot Wisatawan

11 June 2019 - 18:25 WIB
Danyoskes2 Kostrat, Letkol Ckm, dr Djefri Frederick Londong

BATU (SurabayaPost.id) – Yonkes 2/ YBH Kostrad Malang menggagas event olahraga paralayang di Gunung Banyak, Kota Batu. Even yang akan digelar  21-23 Juni 3019 itu diyakini bakal menyedot wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata Batu.

Danyonkes 2  Kostrad, Letkol Ckm dr, Djefri Frederick Londong,L SpAn MKes, mengakui hal itu Selasa (11/6/2019). Dia menjelaskan bila giat itu bertajuk  Event Cobra Paragliding Open Championship Yonkes 2 Kostrad itu bakal digebyar di Gunung Banyak Kota Batu.

Menurut Djefri Frederick Londong yang sapaan akrabnya Djefri itu, event olahraga cobra paragliding open championship yang digagasnya baru pertama kali dilakukan. Event itu  bakal dibuka langsung oleh Pangdiv 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto SAP, MSi, MTr.

“Event Cobra Paragliding Open Championship Yonkes 2 / YBH tersebut, merupakan kegiatan kejuaraan paralayang yang pertama kali kita  dilakukan ,” kata Djefri.

Untuk itu, Djefri mengaku dalam pelaksanaan tersebut, menurutnya bersifat terbuka bagi seluruh atlet paralayang Indonesia. Itu bagi mereka  yang ingin bertanding di Kota Wisata Batu Jawa Timur.

“Yang perlu diketahui, dalam penilaian juaranya,yang akan dinilai dengan ketepatan mendarat. Ketepatan mendarat tersebut, semakin mendekat ketitik poinnya semakin nol,” tandasnya.

Dengan begitu, tandas dia, peserta yang sudah terdaftar lewat online, Djefri mengaku sudah ada sejumlah 50 peserta yang terintegrasi. Dari sejumlah itu, menurut dia, pesertanya dari seluruh Indonesia.

“Prosesnya, dalam kejuaraan tersebut, diambil juara satu, dua dan juara tiga. Juara satu, akan mendapat hadiah berupa uang tunai senilai Rp 5 juta. Untuk juara dua, besaran hadiahnya Rp 4 juta, sedangkan yang juara tiga, senilai Rp 3 juta,” paparnya.

Meski begitu, papar dia, terkait event paralayang yang dimaksud, terbagi ada dua kelompok. Menurutnya, kelompok atlet dari para senior dan yunior.

“Yang juara kelas Yunior, juara pertama akan mendapat uang tunai senilai Rp 4 juta, dan juara dua, senilai Rp 3 juta serta yang juara dua, akan mendapat hadiah senilai Rp 2 juta.

Jadi mereka selain mendapat hadiah uang tunai, sekaligus bakal mendapat maskot medali dan sertifikat,” tegasnya sembari menjelaskan dalam event tersebut bekerjasama dengan Persatuan Gantole dan Paralayang Indonesia (PGPI) Jatim dan sponsor yang lain. (gus)