Gubernur Jatim Khofifah Serta Plt Bupati Nganjuk, Salurkan Zakat Produktif Bagi Pelaku Usaha

20 June 2022 - 21:33 WIB

NGANJUK–(Surabayapost.id) – Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Nganjuk, Gubernur Jawa Timur
Khofifah Indar Parawansa salurkan Zakat Produktif, di Kantor Bapenda Samsat Nganjuk, Senen (20/7/2022).

Dikesempatan ini, Khofifah berharap pelaku UKM di Kabupaten Nganjuk bisa berjuang dalam kondisi sulit ini dan diberi kesehatan, kesuksesan.

Kali ini Gubenur Jatim, juga menyampaikan sejumlah arahan Presiden RI, Joko Widodo terkait peningkatan belanja produk dalam negeri, dalam hal ini pelaku UMKM, dengan begitu mampu bersaing serta memperoleh keuntungan. “Hal ini dilakukan agar pelaku UMKM kita, bisa terus bersaing dan membuat produk dalam negeri yang luar biasa bisa dijual ke luar,” ujarnya.

Namun, diutarakan Khofifah hal tersebut perlu ada peningkatan kualitas, seperti standarisasi yang dilakukan tim kurator sehingga produk itu sesuai kualitas kebutuhan pasar, “Dan, semua itu harus bisa dipenuhi pelaku usaha UMKM,” lanjutnya.

Gubenur Jatim berharap pelaku UMKM harus bisa semangat melakukan transformasi digital, untuk meningkatkan kualitas dan standarisasi produk dalam negeri agar bisa bersaing secara global.

Sementara Plt Bupati Nganjuk Marhen Djumadi, menyampaikan bahwa terkait pemenuhan hak bagi pelaku UKM di Nganjuk sudah seiring sejalan sesuai arahan Gubernur Jatim, “Pertama UKM kita terus naik kelas seperti yang disampaikan oleh Gubernur, dari ultra mikro ke mikro, mikro ke industri menengah dan seterusnya,” jelasnya, ketika bersama wartawan.

Ditandaskan Plt Bupati Nganjuk, Marhen Djumadi upaya tersebut terus disinergikan antar OPD di lingkup Pemkab Nganjuk, “Kita berbagi peran mulai dari siapa yang mengurusi sertifikasi pangan, packaging juga masalah permodalan dan seterusnya sehingga UKM ini bisa bersaing dan eksis,” tuturnya.

Sedangkan terkait akses permodalan UKM agar tidak terjerat rentenir atau sejenisnya, Marhen Djumadi menyampaikan Pemkab Nganjuk telah memfasilitasi adanya Bank BPR UMKM dan Baznas.

“Semoga sinergi dan kolaborasi kita antara Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Nganjuk dalam rangka meningkatkan pelaku UKM ini semakin hari semakin baik,” harap Plt Bupati Nganjuk, Marhen Djumadi pada wartawan. (ISK)