Gubernur Pantau Posko Mudik Lebaran di Malang Raya

2 June 2019 - 15:48 WIB

MALANG (SurabayaPost.id) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan pantauan pos mudik lebaran area Malang Raya, di exit tol Karanglo, Malang, Sabtu (01/06/2019). Pantauan  tersebut dilakukan tepat sehari jelang prediksi puncak arus mudik yaitu pada Minggu tanggal 2 Juni 2019.

Khofifah sapaan akrab Gubernur Jatim mengatakan, menurut pantauan Kapolri  Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk hari ini  titik-titik rawan macet di Jatim bisa terdistribusi.

Apalagi, Kapolri dan Panglima TNI sudah memantau posko mudik Tol Ngawi dan beberapa titik di Jatim dengan berkeliling di  udara menggunakan helikopter. “Pemanfaatan jalan tol Trans-Jawa fungsinya tampak sekali pada musim padat seperti mudik dan balik lebaran,” terang orang nomor satu di Jatim ini usai berkoordinasi langsung dengan Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi  Tjahjanto.

Selain itu, dirinya juga telah mengkoordinasikan kesiapan arus mudik dan balik  lebaran dengan berbagai pihak dan institusi. Diantaranya Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Jasa Raharja, PLN dan Pertamina.

Ditambahkan, terkait kebutuhan BBM di jalan tol telah dikoordinasikan dengan  Korlantas. Sehingga, nantinya akan dibuat sistem contra flow sepeda motor yang didesain untuk membawa BBM.

Hal ini cukup penting, karena jika ada kendaraan yang kehabisan  BBM dan posisinya jauh dari SPBU maka sepeda motor ini bisa menjadi salah satu  solusinya.

Terkait kebutuhan listrik, pihaknya telah mengkoordinasikan dengan PLN dan  akan disiapkan 174 gardu trafo mobile. Dengan demikian, diharapkan semua bisa

terfasilitasi listrik terutama pada saat jelang lebaran hingga pasca lebaran khususnya jika ada gangguan pada transmisi tertentu.

“Sejauh ini semua kesiapan arus mudik dan balik lebaran 1440 H sudah terkoordinasikan dengan baik. Disamping itu, semua pihak juga berupaya memberikan  layanan terbaik pada masyarakat,” pungkasnya.

Turut mendampingi pada kegiatan ini, antara lain Kepala Basarnas, Kepala Korlantas, Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, Plt. Bupati Malang, serta Walikota  Malang. (lil)