Hari Ini Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelajar Dimulai

4 August 2021 - 20:15 WIB
Wali Kota Malang Sutiaji

MALANG (SurabayaPost.id) – Vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di Kota Malang sudah dimulai hari ini, Rabu (4/8/2021). Satu dinantara sekolah yang mengawali adalah SMAN 2 Kota Malang. 

Para siswa itu menjalani vaksinasi secara massal  di SMAN 2 yang terletak di Jalan Laksamana Laut RE Martadinata nomor 84, Kota Malang. Vaksinasi pelajar ini digelar serentak se-Jawa Timur untuk tingkat SMA-SMK. 

Wali Kota Malang Drs H Sutiaji meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi untuk pelajar ini. “Yang hari ini serentak memang se-Jawa Timur, Kota Malang kita tunjuk di SMA 2. Nanti, kami sudah bekerja sama dengan perguruan tinggi, Insya Allah nanti akan terus bergilir,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa targetnya 100%. Sehingga pada seluruh  siswa terbangun herd immunitynya. “Itu yang jadi target,” tutur Sutiaji saat meninjau vaksinasi bagi siswa. 

Dalam kesempatan tersebut turut  hadir Sekda Kota Malang, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Malang-Batu. Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang dan Dinas Kesehatan.   

Lebih lanjut Wali Kota Malang menyampaikan hasil rakor bersama Menko Maves Luhut B. Panjaitan terkait vaksinasi ini. Menurut dia, di bulan Agustus ini ada 70 juta vaksin masuk. 

Selain itu,  ada tambahan lagi 50 juta. Sehingga, total  ada 120 juta. Semua itu akan diperuntukkan pada semua warga Indonesia, termasuk di dalamnya adalah warga Kota Malang dan siswa-siswa di sekolah-sekolah yang ada di Kota Malang.

“Sering saya sampaikan ketika orang tuanya dikurung di rumah. Tidak bisa beraktifitas, intensitas ketemu ternyata juga tidak sepenuhnya,” jelas dia. 

Menurut dia  ada 30% kadang-kadang terjadi yang namanya KDRT dan seterusnya. Ini mengganggu psikologi anak-anak. 

“Makanya,  kedepan saya minta sekolah  mulai dibuka dikit-dikit namun tetap menggunakan protokol kesehatan yang ada,” pungkas Sutiaji.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Malang-Batu Dra Ema Sumiarti MSi menyampaikan kesiapan kuota vaksinasinya. “Untuk SMA SMK Kota Malang 48.335,” ujarnya. (Lil)