Indra Bayu Ajak Seluruh Advokat Kembali ke “Rumah Bersama” Ikadin

27 May 2019 - 00:30 WIB
Indra Bayu SH MKn (kiri) bersama humas Ikadin Malang Wahyudi

MALANG  (SurabayaPost.id) –  Seluruh advokat diajak untuk kembali ke “rumah bersama” Ikadin. Ajakan tersebut disampaikan pengacara kondang, Indra Bayu saat buka bersama keluarga besar Ikadin Malang di Hotel Pelangi Malang, Minggu  (26/5/2019).

Menurut Indra Bayu, Ikadin ini merupakan cikal bakal dari organisasi advokat di Indonesia, seperti Peradi. Sementara Peradi saat ini pecah jadi tiga.

“Ada Peradi versi Fauzi Y Hasibuan, versi Luhut MP Pangaribuan dan versi Juniver Girsang. Berdasarkan kondisi itu mari kita kembali ke rumah bersama, Ikadin yang merupakan cikal bakal dari ketiga organisasi advokat itu,” kata dia.

Keluarga besar Ikadin Malang saat buka bersama di Hotel Pelangi Malang

Makanya, Indra Bayu mengaku lega karena Ikadin di Malang masih kompak. Sebab, anggota dari tiga Peradi itu masih bisa berkumpul di Ikadin Malang.

Dia berharap kondisi semacam itu tak hanya terjadi di Malang. Namun,  secara nasional juga bisa kembali ke Ikadin sebagai organisasi induk.

Harapan senada juga diungkapkan  Humas Ikadin Malang, Wahyudi. Dia mengatakan bila saat ini tak hanya ada tiga Peradi yang menjadi organisasi advokat. “Ada 24 organisasi advokat di luar tiga Peradi itu,” kata dia.

Mereka, lanjut dia, juga melakukan peran dan fungsi seperti yang dilakukan  Peradi. Yakni melakukan perempuan anggota, menggelar ujian advokat, bahkan sumpah advokat.

Makanya, kata dia, Ikadin Malang menggelar buka bersama.  Buka bersama itu dihadiri anggota dari tiga Peradi tersebut.  

“Alhamdulillah di Ikadin Malang ini mereka (anggota dari tiga Peradi) itu masih bisa berkumpul bareng. Mereka berdiskusi, saling tukar informasi dan lainnya,” kata Wahyudi.

Karena itu dia  berharap kekompakan para advokat dari tiga Peradi di Ikadin Malang itu bisa terjadi juga di Ikadin daerah lain hingga Ikadin Pusat.  Sebab, kata dia, efek positifnya tidak hanya terhadap keorganisasian. Namun, juga pelayanan pada masyarakat.

“Semoga saja kekompakan seperti  ini bisa juga dilaksanakan di Ikadin lain dan Ikadin Pusat. Kami juga akan coba bawa hal ini ke Ikadin Pusat,” pungkasnya. (aji/lil)