Kader Lingkungan Diminta Ikut Jaga Kebersihan Saluran Air

9 December 2018 - 19:24 WIB
Sekda Wasto saat bagi-bagi bibit pada warga
Sekda Wasto saat bagi-bagi bibit pada warga

MALANG (SurabayaPost.id) –
“Cintai dan rawat lingkunganmu. Jadikan sekitarmu bersih serta asri”.

Begitukah pesan Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto dalam acara l HUT ke-8 Kader Lingkungan Kota Malang, di Kecamatan Kedungkandang (9/12/2018).

“Sahabat-sahabat kader lingkungan, kalau panjenengan cermati beberapa berita terkait luapan air (red. banjir) ke jalan-jalan bahkan hingga memasuki hunian, ternyata dari sekian sebab didominasi oleh perilaku kurang bertanggung jawab “oknum warga”,” kata dia.

Alasannya, masih ada yang seenaknya membuang sampah ke sungai maupun saluran saluran air. “Sampahnya juga “nggak main main”. Ada ban (roda mobil), spanduk, bantal hingga potongan potongan kabel,” tutur Wasto sangat prihatin.

Menyikapi hal itu, pria yang gemar olahraga lari ini menitipkan pesan agar para kader lingkungan Kota Malang menjadi penjaga fungsi saluran maupun sungai di lingkungannya masing masing. Selama ini aktivitas kader lebih banyak pada aspek penghijauan dan pengelolaan sampah, maka dengan perkembangan yang ada peran strategis kader akan terus dikuatkan.

Sementara itu peringatan HUT Kader Lingkungan diwarnai l aksi pencabutan paku di pohon pohon, pemberian bibit pohon dan kompos kepada masyarakat. Aksi itu dipimpin langsung oleh Wasto. (Lil)