Kemenekraf Gandeng Shopee Gelar Pelatihan Digital Emak-Emak Matic di Malang

Kemenekraf Gandeng Shopee Gelar Pelatihan Digital Emak-Emak Matic di Malang, Jawa Timur, Kamis 13 Februari 2025. (ist)
Kemenekraf Gandeng Shopee Gelar Pelatihan Digital Emak-Emak Matic di Malang, Jawa Timur, Kamis 13 Februari 2025. (ist)

MALANG (SurabayaPost.id) – Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenekraf) RI gandeng Shopee Indonesia menggelar pelatihan dalam program Emak-Emak Melek Teknologi (Emak-Emak Matic) di Malang Jawa Timur, Kamis (13/2/2025).

Program pelatihan yang digagas oleh Kemenekraf ini, merupakan pelatihan keterampilan digital bagi ribuan ibu di 11 kota di Indonesia. Program ini memanfaatkan kurikulum eksklusif dari Kampus UMKM Shopee ‘Kelas Online’ guna memberikan peluang ekonomi baru bagi ibu rumah tangga.

Selain itu, inisiatif ini turut menandai peluncuran Kampus UMKM Shopee ‘Kelas Online’, yang memberikan akses bagi UMKM di seluruh Indonesia untuk memperoleh berbagai materi pelatihan sesuai kebutuhan mereka.

Tujuan utama program Emak-Emak Matic adalah meningkatkan keterampilan digital para ibu agar mampu bersaing dalam dunia usaha, baik sebagai penjual, pengusaha makanan dan minuman, maupun konten kreator dan afiliasi Shopee.

Sebagai tahap awal, sebanyak 300 ibu dari berbagai daerah di Jawa Timur telah mengikuti pelatihan di Malang pada Kamis (13/2/2025). Kegiatan ini akan berlanjut ke kota-kota lainnya, seperti Makassar, Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Bali, Medan, Palembang, Balikpapan, dan Surabaya hingga akhir tahun 2025.

Berdasarkan data BPS tahun 2023, Indonesia memiliki 84,5 juta perempuan usia produktif, namun 43 persen di antaranya belum berpartisipasi dalam angkatan kerja. Menteri Ekonomi Kreatif RI, Teuku Riefky Harsya, menyampaikan bahwa program Emak-Emak Matic menargetkan pelatihan bagi 10 ribu ibu hingga penghujung tahun 2025.