Ketua Fraksi PDIP Jatim Serukan Seluruh Elemen Bergerak Tangani Covid 19

8 April 2020 - 17:01 WIB
Ketua Fraksi PDIP Jatim Dr Sri Untari saat memantau Posko penanganan Covid-19

MALANG (surabqyapost. Id) – Seluruh elemen masyarakat diserukan agar bergerak menangani wabah virus Corona disease (Covid-19). Seruan itu disampaikan Ketua Fraksi PDIP, DPRD Provinsi Jawa Timur Dr. Sri Untari Bisowarno MAP, Rabu (8/4/2020).

Menurut Sri Untari yang juga anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, dalam menangani atau memutus rantai pandemi Covid 19 harus bersama-sama. “Tidak bisa sendiri-sendiri,” jelas Sri Untari, saat melakukan monitoring penanganan Covid 19 di Balai Desa Tirtomoyo, kecamatan Pakis Kabupaten Malang.

Kalau itu dia bersama dengan sejumlah anggota Komisi E DPRD Jawa Timur Dapil Malang Raya. Menurut wanita yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur itu, mencegah penularan virus corona disease ini menjadi tanggungjawab bersama.

Makanya kata dia sudah saatnya bergerak secara simultan seluruh masyarakat di semua tingkatan. “Ini sudah menjadi musibah bersama, karena itu seluruh lapisan masyarakat, harus bersatu padu, melakukan langkah untuk memutus mata rantai penularan Covid 19. Masing-masing elemen berperan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki,” tutur Sri Untari.

Ia menyatakan pihaknya bersama dengan anggota DPRD Jawa Timur lainya, telah mendorong kepada pemprov, Jawa Timur untuk mengalihkan anggarannya pada penanganan Covid 19. Itu dia lakukan sejak Covid 19, belum merebak seperti sekarang ini.

“Kami bersyukur Ibu Gubernur telah merespon dengan baik sehingga perhatian terhadap Covid 19 sangat luar biasa. Kita sangat berharap pemerintah daerah, Bupati, Wali Kota dan jajarannya, termasuk para Camat dan Lurah atau Kepala Desa juga memberikan perhatian atas persoalan ini,”tutur Sri Untari.

Setelah Pemprov dan Bupati serta Wali Kota memberikan respon pengalihan APBD untuk tanggab bencan Covid 19, para Kepala Desa diharapkan bisa mempertimbangkan penggunaan sebagian anggaran dana desa untuk menunjang kegiatan pemberantasan Covid 19 dan dampak sosial yang diakibatkan bencana ini.

“Kita juga memohon kepada pihak penegak hukum, KPK, Kejaksaan, Polisi dan teman-teman media untuk bisa memahami yang dilakukan oleh para kepala Desa dalam rangka tanggap bencana Covid 19,”tukas Sri Untari.

Kepada para Kepala Desa pihaknya juga meminta agar tidak berhenti memberikan edukasi terkait dengan Covid 19. Baik yang terkait dengan sosial atau physical distancing. Karena penularan Covid 19 salah satunya adalah bersentuhan langsung.

Dengan menjaga jarak satu sama lain, sambung Sri Untari, dapat mengurangi risiko penyebaran Covid 19, minimal 1 meter bahkan 2 meter lebih baik, Langkah ini dapat diterapkan saat berada di tempat umum ataupun saat kondisi terpaksa melakukan sebuah pertemuan atau acara.

“Masyarakat dihimbau untuk tidak keluar rumah kalau tidak sangat terpaksa, dan selalu menggunakan masker dimanapun dia berada,”tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga menyerahkan bantuan sprayer dan 1 dus pamflet, yang berisi edukasi Covid 19. Bantuan tersebut merupakan bantuan dari Ketua DPP PDI Perjuangan Hj. Megawati Soekarnoputri. (aii)