Lepas Sambut Kajari Batu Berlangsung Haru

17 January 2019 - 14:33 WIB
Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko diapit Kajari Batu , Sri Heny Alamsari (kiri) dan mantan Kajari Batu Nur Chusniah (kanan).
Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko diapit Kajari Batu , Sri Heny Alamsari (kiri) dan mantan Kajari Batu Nur Chusniah (kanan).

BATU (SurabayaPost.id) – Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko lakukan seremonial lepas sambut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Batu. Lepas sambut yang digelar di gedung Graha Pancasila Balaikota Among Tani Kota Batu, Rabu  (16/1/2019). tersebut berlangsung haru.

Itu mengingat,  Kajari Nur Chusniah ditarik ke Kejagung terkenal sangat dekat dengan seluruh lapisan masyarakat. Apalagi dia menjabat sebagai Kajari Kota Batu dirasakan sangat singkat. Yakni dua tahun, dua bulan 14 hari.

Kini dia ditarik ke Kejagung RI.  Dia menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Pra Penuntutan pada Direktorat Tindak Pidana terhadap Keamanan Negara dan Tindak Pidana Umum lainnya Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung RI.

Sedangkan penggantinya adalah Sri Heny Alamsari SH, MH. Kajari Batu yang baru itu sebelumnya menjabat sebagai  Kajari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Dalam acara lepas sambut itu dihari Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko, Wawali Punjul Santoso, Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo. Selain itu Forkompimda seperti Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, Dandim 0818 Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad.

Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kota Batu, Ketua TP PKK Kota Batu Wibi Asri, Pabung 0818 Batu, Jajaran Kejari Kota Batu, Kemenag Batu, Poltekad, Kepala BNN Batu, Sekda Kota Batu beserta ibu. Bahkan, jajaran pimpinan SKPD  Pemkot Batu, Dirut PDAM Batu, KONI Batu, Anggota PHRI Batu, serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Camat, Lurah dan kepala desa se-Kota Batu juga hadir di acara tersebut.

Kajari Batu yang lama Nur Chusniah, SH, MH yang akan menduduki jabatan baru di Kejagung RI mengucapkan rasa terima kasihnya  kepada seluruh masyarakat dan Pemkot Batu. Sebab, acara lepas sambut yang digelar Wali Kota Dewanti itu dinilai merupakan suatu kehormatan yang tak bakal terlupakan.

Acara lepas sambut Kajari Batu di Balaikota Among Tani Kota Batu.
Acara lepas sambut Kajari Batu di Balaikota Among Tani Kota Batu.

“Saya bertugas di Kota Batu, kota kecil memiliki banyak kenangan yang mengesankan. Kota  dari tipe B yang mulai berdiri sejak 2003 ini sangat membanggakan. Apa yang saya lakukan tentu  sebagai sumbangsih untuk membangun Kota Batu. Tapi itu semua sudah dimulai dari senior – senior saya sebelumnya,” kata Nur Chusniah merendah.

Makanya, mantan penyidik KPK ini mengaku tak terasa sudah dua  tahun dua bulan empat belas hari mengemban tugas di Kota Batu. Meski begitu, wanita yang selalu tampil ramah ini, mengaku  terasa ringan dan tidak ada hambatan dalam tugasnya menerapkan 3K (Koordinasi, Kolaborasi dan Komunikasi).

“Koordinasi, Kolaborasi, Komunikasi berjalan dengan baik dan lancar. Beberapa hal yang telah dicapai selama saya menjadi Kajari Batu. Terutama  di bidang reformasi birokrasi,” tandasnya.

Dia sebutkan seperti  pembangunan website kejari yang dibantu Pemkot Batu. Website itu dibangun supaya bisa mengimbangi website Pemkot Batu yang telah mendunia.

Makanya, dia memohon maaf  bila di dalam bersinergi, berkolaborasi dan berkomunikasi terkait  kedinasan ada kilaf dan alpha. “Saya mohon pamit untuk melaksanakan tugas lagi di Kejagung RI,” ungkapnya.

Sementara itu, Kajari Batu yang baru Sri Heny Alamsari, SH, MH,  yang sebelumnya menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan sedikit  bercerita tentang daftar riwayat hidupnya.

“Kami kerjanya di lingkungan kejaksaan RI hingga sampai dinobatkan sebagai Kajari di Kota Batu. Mohon doanya, kami bisa amanah dalam mengemban tugas yang baru ini,” ucapnya.

Sementara itu, Dewanti Rumpoko dalam sambutannya mengatakan, rasa terima kasihnya kepada Nur Chusniah atas pengabdiannya untuk  masyarakat Kota Batu.

“Dimana dalam berhubungan, bersinergi, berkomunikasi saling mendukung dan sangat baik. Ketika pejabat – pejabat yang di kota Batu keluar biasanya  menjadi pejabat yang moncer kedepannya. Ya seperti halnya Ibu Chusniah ini. Saya sangat merasakan kemanfaatannya dengan ibu Chusniah. Saya mohon maaf bila ada sesuatu yang tidak berkenan selama kita  berjalan bersama,” tutur Dewanti Rumpoko.

Sedangkan Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo, mengucapkan terima kasih kepada Nur Chusniah. Baik itu atas nama pimpinan Dewan, Anggota DPRD, masyarakat dan Pemerintah Kota Batu.

“ya, khususnya atas pendampingan dan pengawasannya di Kota Batu. Kami ucapkan terima kasih pada Bu Nur Chusniah. Semuanya  sungguh sangat luar biasa,” seru Politisi dari Partai PDIP ini.

Untuk itu,  Cahyo Edi Purnomo, yang sapaan akrabnya, Cahyo ini,  mendoakan semoga Nur Chusniah dan Sri Heny Alamsari dimudahkan dan dilancarkan dalam melaksanakan tugas  di tempat yang baru.

“Kepada ibu Kajari Batu yang baru saya ucapkan selamat datang, semoga bisa mengikuti jejak seniornya. Kami berharap  sampai di Kota Batu langsung berkolaborasi dan menjalin kerjasama yang baik untuk kemajuan masyarakat Kota Batu,” mintanya.

Usai seremonial lepas sambut, Wali Kota Dewanti Rumpoko bersama Forkompimda memberikan  cinderamata kepada Nur Chusniah. Setelah itu dilanjutkan bersalam-salaman dengan Nur Chusniah yang terkenal dekat dengan seluruh lapisan masyarakat di Kota Batu itu.  (gus).