Merdekakan Kaum Dhuafa, PP Pujon Bagi-bagi Sembako 

14 August 2019 - 12:09 WIB
Pengurus PP Pujon saat membagikan sembako pada warga

MALANG (Surabayapost.id) – Dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke – 74, PAC Pemuda Pancasila Pujon, Kabupaten Malang, punya cara yang beda. Sebab Ormas PP ini melakukan bagi-bagi sembako ke rumah warga dan tempat ibadah.  

Menurut Ketua Majelis Permusyawaratan Organisasi (MPO) dari Majelis Permusyawaratan Cabang ( MPC ) Kota Batu, H Hasan Suwardi, SH, hal itu untuk membantu warga tak mampu. “Bagi sembako itu sebagai upaya ‘memerdekakan’ kaum dhuafa di sekitar kita,” kata dia, Rabu (14/8/2019). 

Dijelaskan pria berdarah Madura ini bila  wajid hukumnya meneruskan perjuangan para pahlawan. Itu dengan cara memerdekakan sesama dalam memenuhi kebutuhannya. 

Dia contohkan seperti saling berbagi terhadap orang  yang membutuhkan. “Hal itu juga bagian dari perjuangan memerdekakan warga yang kurang mampu,” kata ,H Hasan.

Menurut H Hasan, memang  sudah 74 tahun rakyat Indonesia terbebas dari belenggu penjajah. Namun, apakah rakyat sudah  benar merdeka..?.

“Itu karena yang sering saya ketahui, fakta di lapangan masih banyak  kaum dhuafa di sekitar kita yang kekurangan. Makanya, mereka belum mengerti arti kemerdekaan yang sesungguhnya, kalau angka kemiskinan masih bertebaran,” serunya. 

Makanya kata dia, sebagai upaya memaknai tujuan kemerdekaan adalah menegakkan keadilan sosial yang tepat. “Ya bingkisan seperti ini yang  bisa membantu dan meringankan permasalahan kemiskinan, meski tidak seberapa nilainya. Itulah sebenarnya kemerdekaan bagi warga yang tidak mampu tersebut, yang harus kita perjuangkan bersama saat ini,” tegasnya. 

Karena itu kata dia. PAC PP Pujon selama.dua hari ini mengunjungi warga di kediamannya dan  tempat-tempat ibadah. Mulia dari  Desa Pujon Lor hingga desa lainnya untuk bagi-bagi Sembako. “Sembako itu sumber dananya dari iuran anggota,” pungkasnya. (Gus)