Pedagang Gelar Selamatan Wiwitan Relokasi Pasar Besar Kota Batu

23 October 2021 - 18:38 WIB
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko potong tumpeng saat prosesi selanatan wiwitan berlangsung

BATU (SurabayaPost.id) – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengikuti selamatan wiwitan relokasi Pasar Besar Kota Batu yang berlangsung di Stadion Gelora Brantas Kota Batu, Sabtu (23/10/2021). 

Usai selamatan, orang nomor satu di lingkungan Pemkot Batu, yang sapaan akrabnya Bude, mengaku sangat mengapresiasi kepada para pedagang pasar.

“Pasar Besar Kota Batu ,yang baru, harus bisa mengakomodir seluruh para pedagang pasar.Apalagi Pasar Besar Kota Batu ini digadang – gadang pasar terbesar se Indonesia,” kata Bude, Wali Kota perempuan yang pertama di Malang Raya ini.

Dengan demkian, Bude berharap Covid – 19 segera berakhir, sehingga pasar besar yang merupakan tulang punggung ekonomi di Kota Batu dapat menggerakkan perekonomian, dan kesejahteraan bersama bisa tercapai.

“Untuk wiwitan sendiri, adalah ritual persembahan tradisionsl masyarakat jawa sebelum panen padi dilakukan.Disebut, sebagai wiwitan ,karena arti wiwit adalah mulai memotong padi sebelum panen diselenggarakan,” paparnya.

Namun selamatan kali ini, papar  dia, wiwitan merupakan pertanda dimulainya relokasi pedagang Pasar Besar Kota  Batu.

“Pemkot Batu melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan ( Diskumdag) tengah membangun kios semi permanen berukuran 2×2 meter di tempat relokasi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Pagi, Rubianto, Sabtu ,23/10/2021, mengaku acara yang diselenggarakan oleh Paguyuban Pedagang Pasar Pagi tersebut, dihadiri oleh perwakilan dari paguyuban semua unit pedagang pasar. 

“Kami sangat mendukung rencana pemerintah untuk melakukan relokasi. Dengan harapan bahwa ditempat yang baru, semua pedagang dan pengunjung merasa nyaman, dan kesejahteraan yang diharapkan dapat dirasakan bersama,” mintanya, sembari menyampaikan sesuai rencana, pedagang bakal dipindahkan ke kios semi permanen pada bulan November. (Gus)