Pengukuhan Pengurus ESI Kota Batu, Kapolres dan Kajari Kompak Apresiasi 

20 April 2022 - 23:19 WIB

BATU (SurabayaPost.id) – E- Sport Indonesia (ESI) Piala Wali Kota Batu, 2021 – 2022, dengan mengusung tema “E-Sport Tourism ” yang bakal  digelar 10 – 12 Juni 2022 mendatang, para pengurusnya dikukuhkan di Jambuluwuk Convention Hall & Resort,Rabu (20/4/2022) malam.

Pengukuhan pengurus E – Sport Tourism Kota Batu tersebut, dihadiri Kepala Pos Daerah (Posda) Badan Intelejen Negara (BIN) Malang Raya, Kapolres Batu, Kapolsek Batu, dan Utusan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Batu, serta salahsatu pembinanya Lany Wibowo bersama beberapa undangan lainnya.

Menariknya acara pengukuhan pengurus ajang piala bergengsi tersebut, dari pantauan SurabayaPost.id dilokasi tidak terlihat satupun Kepala Dinas Pemkot Batu yang hadir, dan hanya terlihat sekertaris dinas (Sekdin) Pariwisata Pemkot Batu, Eni Musfirotun Mustofsiroh saja.

Menurut Koordinator Wilayah (Korwil) Posda BIN Kota Batu, Ismu A Bisri, dengan terselenggaranya kegiatan tersebut diyakini Kota Batu bakal menjadi barometer kegiatan E -Sport di Jawa Timur dan Nasional.

“Kegiatan ini, dalam rangka pengukuhan E- Sport Tourism Kota Batu. Keberadaan ESI Kota Batu, pertama untuk memadahi teman – teman atau masyarakat mulai dari usia dinia,” kata Ismu.

Itu, kata dia, yang memiliki hobi permainan game online maupun offline dengan wadah ini, menurut dia, masyarakata tidak hanya sekadar memiliki hobi.

“Ini tidak hanya sekadar memiliki hobi tanpa adanya nilai plust. Ini diharap warga batu yang memiliki main game bisa diwadahi dan bisa dibina sehingga skil yang dimiliki tidak hanya sekadar hobi,” paparnya.

Ini, papar dia, bisa dijadikan ajang cabang olahraga kedepan dan terdaftar di Koni baik tingkat Kota, Kabupaten dan Provinsi, maupun di pusat.

“Sehingga olahraga game virtual ini secara resmi bisa dijadikan cabang olahraga (Cabor) terwadahi Koni. ESI ini juga bisa memberi kontribusi bagi pemerintah daerah.Seperti halnya saat ini ketika wisatawan hanya berlibur di batu selama dua hari, dengan adanya ESI ini nantinya bisa betah sampai sepekan di Kota Wisata Batu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) ESI Kota Batu, Hardian Bayu Kusumo, sapaan akrabnya Bayu, mengatakan bahwa dirinya didapuk sebagai Ketum ESI Kota Batu, periode 2021 hingga 2024.

“Adapun visi misi kami olahraga virtual ini adalah lebih meningkatkan perekonomian yang ada di Kota Batu,” kata Bayu.

Selain itu, kata dia, dapat memfasilitasi anak – anak yang masih pelajar atau masih kuliah bisa mendapat kesempatan berkreasi atau berprestasi di regional Jatim bahkan nasional maupun internssional.

“Untuk misi kami kedepannya akan banyak bersinergi dengan stakeholder di Kota Batu.Dari sisi pendidikan maupun kesehatan untuk lebih meningkatkan taraf komunikasi di Kota Batu akan 
lebih berkembang,” lanjutnya.

“Mohon ijin dukungan dan sport nya agar kita dapat terus berkarya di bumi Kota Batu dan dapat diterima masyarakat banyak dan para pemangku kebijakan di Kota Batu,” harap dia.

Pada kesempatan itu, Kasi Intel Kejari Batu, Edi Sutomo, yang mewakili Kajari Batu mengapresiasi keberadaannya ESI di Batu.

“Maaf, Pak Kajari tadi sudah datang karena ada acara mendadak ya g tidak bisa ditinggalkan, jadi beliunya geser balik kanan. Semoga acara ini berjalan dengan baik dan sukses kedepannya ESI Kota Batu,” harap Edi Sutomo.

Diwaktu yang sama, Kapolres Batu, AKBP I Nyoman Yogi Hermawan, mengatakan atas pengukuhan pengurus ESI Kota Batu diharap bisa berkolaborasi dan sinergi mengembangkan olahraga E- Sport
di Kota Batu.

“Bersama stakeholder yang lain, tentunya dengan adanya ESI di batu, dari misi visi nya kedepan akan memberi pelajaran juga selain sisi olahraga.
Pembelajaran penikmat game khususnya anak – anak sekolah di Kota Batu sehingga bisa mengembangkan hobi peminatnya,” harap Yogi sapaan akrab Kapolres Batu.

Meski begitu, kata dia, anak – anak tanpa mengorbankan sisi pendidikannya.Jadi,kata dia, 
secara seimbang pendidikannya tetap berjalan berprestasi disekolah.

“Tapi juga bisa mengembangkan hobi. ESI ini merupakan hal yang baru yang memiliki suatu prospek yang sangat besar kedepan. Baik pengembangan olahraga maupun bisnis,” tegasnya.

Lantas, tegas dia, dalam hal ini Polri sangat mendukung berbagai komunitas yang mengembangkan secara positif tentunya akan didukung penuh.

“Polri akan mendukung berbagai komunitas yang mengembangkan secara positif,” timpal Yogi (gus)