PWI dan SIWO Pusat, Kunjungi Tiga Kepala Daerah Dalam Rangka Pelaksanaan Porwanas 2022

6 July 2022 - 21:57 WIB
Wakil Walikota Malang, Ir Sofyan Edi Jarwoko pose bersama jajaran PWI Pusat, PWI Jatim dan PWI Malang Raya di Balaikota Malang (ist)
Wakil Walikota Malang, Ir Sofyan Edi Jarwoko pose bersama jajaran PWI Pusat, PWI Jatim dan PWI Malang Raya di Balaikota Malang (ist)

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Ketua Umum PWI pusat Atal Sembiring Depari didampingi Sekretaris Jenderal Mirza Zulhad, Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa serta Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, dan Ketua PWI Malang Raya, Cahyono berkunjung ke Tiga Kepala Daerah di Malang Raya.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memastikan gelaran Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022 yang akan digelar di wilayah Malang Raya pada 21-27 November 2022 mendatang.

Ketua PWI pusat, Atal Sembiring Depari mengatakan, kedatangan ini bertujuan untuk bersilaturahmi dan meminta izin untuk pelaksanaan Porwanas yang akan digelar di wilayah Malang Raya.

“Kita berbicara Porwanas di Malang raya ini. saya senang sekali karena kepala daerah Bupati dan Walikota Malang, serta Walikota Batu sangat welcome,” ujarnya, Rabu (06/07/2022).

“Saya tidak menduga dan di luar ekspektasi saya karena tiga kepala daerah Malang Raya ini welcome sekali,” tambahnya.

Menurut Atal, dalam gelaran Porwanas tersebut akan ada 10 Cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertahankan. Kesepuluh Cabor tersebut antara lain Bridge, Catur, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bulutangkis, Sepakbola, e-sport, Billiar, Atletik, Futsal.

“Sebenarnya, Porwanas ini diadakan tahun 2019. Tapi karena pandemi maka kita tunda hingga 2022. sehingga tensinya semua daerah sudah menginginkan untuk berlomba di even ini,” jelasnya.

Atal menjelaskan, dalam pelaksanaan Porwanas ini, ada ketentuan yang berbeda dibandingkan dengan sebelumnya, yang mana untuk pesertanya semua wartawan yang telah lulus Uji Kompetensi.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menerima kunjungan jajaran PWI Pusat, PWI Jatim dan PWI Malang Raya di ruang rapat gedung Among Tani, Pemkot Batu (ist)
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menerima kunjungan jajaran PWI Pusat, PWI Jatim dan PWI Malang Raya di ruang rapat gedung Among Tani, Pemkot Batu (ist)

Selain itu, ajang Porwanas ini bisa menjadi ajang silaturahmi insan wartawan dan bertukar informasi maupun pengalaman, bahkan juga bisa memberikan contoh tauladan fair play, menjunjung sportivitas.

“Dulu kita masih bisa toleransi pesertanya 20 persen wartawan yang belum sertifikasi sehingga ada daerah yang mengambil atlet-atlet. ini yang bikin keruh di lapangan, untuk sekarang 100 persen sudah sertifikasi. karena kalau profesional yang sudah sertifikasi akan sangat memalukan kalau bermain curang,” terangnya.

Dalam pelaksanaan Porwanas nanti, lanjut Atal, akan diikuti sebanyak sekitar 3600 atlet yang berprofesi sebagai wartawan. Untuk itu, diharapkan Pemerintah Daerah (Pemda) di Malang Raya bisa memanfaatkan gelaran ini untuk promosi objek wisata, menumbuh kembangkan UMKM disekitarnya.

“Atletnya itu ada sekitar 3600 orang lebih, itu belum official dan penggembiranya, jadi saya kira ada sekitar 5000 orang yang akan datang ke Malang raya pada saat Porwanas nanti, maka harus bisa dimanfaatkan. Ini kan sebuah promosi yang luar biasa,” tegasnya.

Bupati Malang, H Sanusi menerima kunjungan jajaran PWI Pusat, PWI Jatim dan PWI Malang Raya di Rumah Dinas, Jl Gede, Kota Malang (ist)
Bupati Malang, H Sanusi menerima kunjungan jajaran PWI Pusat, PWI Jatim dan PWI Malang Raya di Rumah Dinas, Jl Gede, Kota Malang (ist)

Sementara ini, Bupati Malang, HM Sanusi mengucapkan terimakasih atas ditunjuknya Malang Raya sebagai tuan rumah pelaksanaan Porwanas.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kepercayaannya. Kira-kira yang perlu di support oleh Kabupaten Malang. Sementara untuk fasilitas di Kepanjen sudah cukup memadai,” katanya.

Sanusi menegaskan, di Kabupaten Malang ini memiliki potensi wisata alam yang cukup bagus dan sangat banyak, terlebih baru-baru ini Kabupaten Malang dinobatkan sebagai desa wisata terbaik se-ASEAN untuk di Bonpring, sedangkan untuk cafe sawah Pujon Kidul tersebut sudah go Nasional.

“Untuk fasilitas lain seperti stadion sudah bertaraf nasional, jadi apa yang diperlukan silahkan diajukan. Kalau untuk pembukaannya di Kanjuruhan Kabupaten Malang sangat tepat, karena Kabupaten Malang memiliki destinasi wisata yang luar biasa, termasuk venuenya juga standar nasional,” tandasnya.

Terpisah, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko juga mengucapkan terimakasih telah ditunjuk sebagai tuan rumah Porwanas 2022 mendatang.

“Ini merupakan momentum yang bagus untum bisa menguatkan kembali ekonomi masyarakat terutama UMKM, dan juga bisa dijadikan sarana untuk mempromosikan daerah. Oleh karena itu mari kita persiapkan dengan baik sebagai tuan rumah. Karena suksesnya Porwanas juga menjadi suksesnya kita semua,” tandasnya. (*)