Ratusan Sapi Terjangkit Wabah PMK, Kades Sumberagung Meminta Dinas Terkait Segera ada Penanganan

23 May 2022 - 13:59 WIB

MALANG (SurabayaPost.id) – Ratusan sapi di Desa Sumberagung Dusun Sumbermulyo, Kecamatan Ngatang, Kabupaten Malang, terjangkit wabah penyakit kuku dan mulut (PMK), Suhartono Kepala Desa (Kades) setempat berharap Pemerintah Daerah, melalui dinas terkait segera ada penanganan.

“Di Kecamatan Ngantang, khususnya Desa Suberagung, Dusun Sumbermulyo, dan Ngadirejo, lebih awal ternaknya warga terjangkit wabah PMK,” kata Suhartono, Senin (22/5/2022).

Di dua dusun tersebut, menurutnya  lebih banyak yang tejangkit wabah PMK hewan ternaknya, jumlahnya sudah ratusan ekor.

“Sekarang sudah menjalar hampir merata, dan meluas di dua dusun tersebut. Jumlahnya ratusan ekor,  gendalanya mulut berbusa ngiler dan kaki nya luka – luka. Bahkan sudah mengelupas kukunya, sehinga mau tidak mau hanya menunggu mati sapi – sapi tersebut ,”ungkapnya.

Olehkarena itu, pihaknya berharap agar dinas terkait segera ada penanganan pengobatan maupun lainnya.

“Kami sangat mengharapkan pada dinas terkait segera turun tangan. Atas nama Pemerintah Desa Sumberagung kami sangat – sangat berharap pada pemerintah daerah,” harapnya.

Dari sisi lain, kata dia, ada yang perlu disampaikan pada hari ini, Senin, 23/5/2022, ada  penyemprotan kandang dari petugas Badan Penananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur.

“Hanya saja penanganan penyemprotan dari BPBD tersebut, hanya disatu kandang milik salah satu warga di Dusun Subergadung saja,” ungkapnya.

Dikandang itu, ungkap dia, karena kandangnya terbesar dan jumlah sapinya ratusan ekor.

“Kami selaku penangung jawab Pemetintah Desa Sumberagung. Warga kami ini mayoritas peternak kalau hanya satu kandang warga saja yang dapat penanganan. Kasihan bagi warga yang lain kalau tidak segera sama – sama ditangani ,” seru Suhartono (gus)