Ringankan Beban Warga Terdampak PPKM Darurat, Polres Batu Sebar Ribuan Paket Sembako

16 July 2021 - 16:18 WIB
Paket sembako yang hendak dibagikan pada warga terdampak PPKM Darurat

BATU (SurabayaPost.id) – Untuk meringankan kebutuhan masyarakat terdampak PPKM Darurat, Polres Batu, sebar sebanyak 2.500 paket sembako Jumat 16/7/2021).

Itu, dilakukan terkait terbatasnya mobilitas masyarakat untuk mencari penghasilan dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari dalam masa pendemi.Dengan begitu  memantik rasa keprihatinan yang dalam pucuk pimpinan Polres Batu.

Hal tersebut, dibenarkan Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo SIK MH, Jumat (16/7/2021).

“Kesulitan ekonomi inilah Polres Batu untuk sedikit berbagi di masyarakat dengan menyalurkan tidak kurang dari 2.500 paket sembako ke warga terdampak ekonomi PPKM Darurat di Kota Batu,” katanya.

Bantuan tersebut, kata dia , diharap bisa sedikit meringankan beban warga yang penghasilannya turun selama pembatasan mobilitas masyarakat.

Dengan demikian, yang perlu disampaikan, prosesi pendistribusian  pembagian bantuan sosial yang dipimpin langsung Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo tersebut, dari masing-masing paket sembako berupa 5 Kg beras, dan  mi instan serta biskuit, susu, hand sanitizer dan masker. Pendistribusiannya agar  tidak menimbulkan kerumunan, sehingga dilakukan secara berkelanjutan.

“Hari ini dan semalam sebanyak 1.000 paket sembako yang telah dibagikan dengan mendatangi langsung para penerima.Mulai dari para tukang ojek, sukarelawan pengatur lalu lintas dan pedagang kaki lima (PKL) yang biasa mangkal di beberapa ruas jalan, serta pemulung, disabilitas, penjahit dan karyawan swasta yang di PHK di Kota Batu,” paparnya.

Yang perlu diketahui lagi, papar dia, kegiatan bakti sosial tersebut, menurutnya wujud nyata polri untuk ikut berbagi meringankan beban ekonomi masyarakat khususnya di Kota Batu akibat dampak PPKM Darurat.

Prosesi pembagiannya dilakukan sejak semalam, dan sekarang.Untuk besuk menurutnya bakal dilakukan juga pembagian serupa, dengan total jumlahnya sebanyak 2.500 paket sembako.

“Untuk penerima adalah warga yang dinilai paling terdampak PPKM darurat di wilayah Kota Batu sejak 3 Juli lalu.Jadi, selain menegakkan aturan PPKM darurat, kami juga melakukan kegiatan kemanusiaan berupa pembagian ribuan paket sembako, hari ini totalnya 5 ton dan besok 7,5 ton beras,” tegas perwira dengan dua melati di pundak ini.

Dari sisi lain , pucuk pimpinan Polres Batu yang sapaan akrabnya Catur ini, mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi ketentuan PPKM darurat dan protokol kesehatan.

“Kami harap dengan berkurangnya mobilitas masyarakat harus tetap bersabar.Karena disaat dilakukan operasi yustisi selain melakukan teguran, juga memberikan bantuan sembako.Jadi penyaluran sembaku ini memberikan efek bisa menekan penyebaran Covid -19 di Kota Batu,” katanya.

Selain itu, kata dia, agar bantuan tersebut, bisa sedikit membantu kebutuhan pangan masyarakat di tengah PPKM darurat ini berlangsung.

“Penyaluran paket sembako bakal digelar rutin sampai hari terakhir PPKM darurat 20 Juli nanti.Setiap hari akan kami laksanakan, tapi lokasinya berbeda-beda,” timpalnya. ( Gus)