Sambut HUT RI, Forkopimda Mojokerto Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 704 Meter

10 August 2019 - 17:11 WIB
Peserta kirab saat membentangkan bendera merah putih sepanjang 704 meter.

MOJOKERTO (surabayapost.id) – Untuk menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Mojokerto melaksanakan kirab di kantor Pemkot Mojokerto, Sabtu (10/8/2019). Bendera merah putih sepanjang 704 meter dibentangkan dalam kirab tersebut.

Kirab membentangkan bendera merah putih dengan tema ‘Prasetya Merah Putih’ digagas oleh Polres Mojokerto Kota. Bendera dibentangkan mulai dari depan kantor Pemkot Mojokerto di Jalan Gajah Mada hingga di Taman Brantas Indah (TBI), Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

Selain membentangkan bendera merah putih sepanjang 704 meter, para peserta kirab yang diikuti dari anggota TNI/Polri, pelajar, dan juga dari berbagai elemen masyarakat ini juga membuat formasi pembentangan bendera membentuk angka 74 sebagai angka HUT RI ke-74 serta melakukan prosesi larung sesaji di Sungai Brantas, Mojokerto dengan cara melepas beberapa ekor itik yang dilakukan oleh Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari dan Kapolres Mojokerto, AKBP Sigit Danny Setiyono.

Selain Walikota Mojokerto dan Kapolres Mojokerto Kota, hadir pada acara tersebut diantaranya, Wakil Walikota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria, Sekda Kota Mojokerto, Herlistyati. Sekda Kabupaten Mojokerto diwakili oleh Hery Suwito dan ratusan elemen masyarakat serta pelajar.

Dalam sambutannya didepan peserta kirab, Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari yang akrab dipanggil Ning Ita mengatakan, kegiatan yang digagas oleh Polres Mojokerto Kota ini dinilai cukup luar biasa. “Kegiatan ini dilakukan sudah berjalan di tahun kedua. Sebuah kegiatan bentuk sinergis dari seluruh elemen masyarakat yang patut menjadi contoh bagi semuanya khususnya bagi generasi muda. Bahwa untuk menuju kemajuan di daerah maupun di sebuah negara, kunci utamanya adalah sinergi, kerukunan, gotong royong dan kebersamaan. Ini adalah wujud Bhineka Tunggal Ika khususnya di wilayah Mojokerto Raya yang patut dicontoh bagi semuanya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Sigit Danny Setiyono menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai tradisi menyambut HUT RI yakni dengan kegiatan membentangkan bendera merah putih sepanjang 704 meter. Di tahun pertama pada 2018 kegiatan serupa digelar dengan membentangkan bendera sepanjang 200 meter. “Ditahun kedua ini kita membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 704 meter didukung seluruh komponen masyarakat umum dan seluruh tokoh yang ada di wilayah Kabupaten maupun Kota Mojokerto,” jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan ini, semua bisa meningkatkan kebhenikaan, pembangunan, mengisi kemerdekaan, dan menjaga rasa cinta negara dan kebanggaan tanah air. “Merah putih adalah aku, kamu, dan kita semua. Berkibarlah merah putih, berkibarlah bangsaku, berkibarlan nusantaraku. Merdeka untuk selamanya. Siapa kita? Indonesia. Siapa kita? Indonesia. Siapa kita? Indonesia selamanya,” teriak Sigit dihadapan para peserta kirab. (joe/fan)