Selama Penyekatan Bulan Mei, Timgab Periksa 7.919 Kendaraan

1 June 2021 - 21:01 WIB
Petugas Timgab saat memeriksa pengendara yang hendak masuk Kota Malang lewat exit tol Madyopuro

MALANG (SurabayaPost.id) – Selama pelaksanaan penyekatan kendaraan, mulai  06- 31 Mei 2021 di exit Tol Madyopuro, Kota Malang ada 7.919 kendaraan yang diperiksa petugas gabungan (Timgab). Dari jumlah itu, sebanyak 806 unit kendaraan dipaksa putar balik. 

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppy Angga Khrisna mengakui hal tersebut, Selasa (1/6/2021). Dia mengatakan bila ribuan kendaraan yang diperiksa terdiri dari bus, mobil barang atau pribadi. 

Penyekatan kendaraan masuk Kota Malang  itu, kata dia, sudah berakhir 31 Mei 2021.  “Untuk yang diperiksa  memang ada 7.919 kendaraan. Itu meliputi bus, mobil pribadi maupun mobil barang. Yang diputar balik sebanyak  806 kendaraan,” terang Kasat Lantas Yoppy. 

Ia menambahkan, dari kendaraan yang diperiksa karena mudik. Sementara diputarbalikkan karena mudik tidak bawa surat sehat. Meskipun, mereka tahu dilakukan penyekatan kendaraan.

Pengendara mobil diperiksa petugas sebelum masuk Kota Malang di exit tol Madyopuro

Sebelumnya, selama kebijakan penyekatan berlangsung, seluruh masyarakat dilakukan mulai 6 – 17 Mei. Kemudian dilanjutkan lagi, 18-31 Mei 2021. Penyekatan itu, dilakukan bagi masyarakat yang ingin berpergian keluar kota. 

Sesuai SOP, memang harus memiliki beberapa persyaratan. Salah satunya surat hasil swab antigen atau PCR atau surat keterangan bebas dari covid 19.

“Kendaraan yang diputar balik berasal dari luar Kota Malang, cukup banyak,” pungkasnya. 

Kasat menghimbau, meskipun penyekatan sudah berakhir, ia menghimbau agar masyarakat tetap patuh 5 M. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

 Hal itu dilakukan, kata dia, sebagai salah satu upaya, pencegahan penularan virus Covid-19. Sehingga wabah ini bisa cepat teratasi. (Lil)