Sri Untari: Ajaran Bung Karno Juga Bisa Atasi Masalah di Daerah

9 January 2020 - 09:48 WIB
Sekretaris DPD PDIP Jatim, Dr Sri Untari MAP

MALANG  (SurabayaPost.id)  – Sekertaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur, Dr Sri Untari, mengaku sangat kagum dengan ajaran Tri Sakti dari Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno. Pengakuan tersebut disampaikan di Malang,  Kamis (9/1/2020).

Menurut Sri Untari, ajaran Tri Sakti dari Bung Karno yang kini sedang dijalankan dan digaungkan oleh Presiden RI Joko Widodo bisa mengatasi permasalahan bangsa Indonesia. Itu  termasuk masalah di daerah.

“Tentu sebagai kader PDI Perjuangan saya sangat bangga dan mengapresiasi Bung Karno. Kegigihan beliau, perjuangan beliau dalam memerdekakan Indonesia, keberanian melawan penjajah dan penindasan menjadi inspirasi bagi saya yang terjun di dunia politik,” kata Untari.

Tri Sakti yang dicetuskan Bung Karno mencakup berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saat ini.

Sekretaris DPD PDIP Jatim, Dr Sri Untari MAP

Ia mencontohkan, adalah berdikari dalam bidang ekonomi. Kondisi ekonomi global yang tidak stabil berdampak kepada negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia.

Karena itu, konsep berdikari di bidang ekonomi dengan memperkuat basis sektor perekonomian masyarakat menjadi benteng yang ampuh di tengah pertumbuhan ekonomi global.

“Dalam hal ini, terinspirasi dari Tri Sakti Bung Karno, maka saya beberapa tahun lalu mencoba perlahan demi perlahan membangkitkan koperasi sebagai soko guru ekonomi. Hal ini saya mulai dari mengubah pola pikir masyarakat dan setelah melalui perjuangan yang panjang akhirnya Koperasi SBW bisa berkembang baik dan menjadi koperasi terbaik di Indonesia. Imbasnya ada puluhan ribu anggota yang secara ekonomis menerima dampak positifnya,” beber Untari.

Selain itu, Sri Untari juga fokus terkait dengan pembinaan dan pengembangan Usaha Kecil Menengah dan menggaungkan kembali pasar tradisional. Termasuk juga bagaimana memanfaatkan kekayaan alam dari Bumi Indonesia untuk masyarakat Indonesia.

“Lalu berdaulat di bidang kebudayaan. Era globalisasi dan informasi saat ini, mengakibatkan budaya luar negeri masuk tanpa tersaring. Karena itu dengan memperkuat budaya kita, maka dampak negatif budaya asing tidak akan merusakan budaya dalam negeri,” tandasnya.

Sri Untari juga menegaskan, selain Tri Sakti, beberapa ajaran Bung Karno juga terbukti efektif dalam membangun Bangsa Indonesia. Ia menjabarkan, beberapa kepala daerah yang diusung oleh PDI Perjuangan bisa sukses membangun daerah karena menerapkan ajaran Bung Karno.

“Contoh terdekat saja Wali Kota Surabaya, Bu Risma. Beliau sukses membangun kota pahlawan karena mengamalkan ajaran Bung Karno dalam bidang pemerintahan. Beliau tegas, berkomitmen dan mampu membangun Surabaya menjadi kota terbaik dunia. Kepala daerah lain dari PDI Perjuangan juga sama, misalnya Bupati Banyuwangi Azwar Anas atau juga Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mereka adalah contoh kepala daerah sukses,” ungkapnya. (ai)