Tangani Covid-19, PDI Perjuangan Wajibkan PAC Dirikan Posko Gotong Royong

17 August 2021 - 17:14 WIB
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu Punjul Santoso saat melaunching Posko Gotong Royong di Kota Batu

BATU (SurabayaPost.id) – DPC PDI Perjuangan Kota Batu mewajibkan Pengurus Anak Cabang (PAC) mendirikan Posko Gotong Royong untuk menangani Covid-19. 

Instruksi itu disampaikan Ketua DPC PDIP Kita Batu Punjul Santoso saat melaunching Posko Gotong Royong penanganan Covid – 19 di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Selasa (17/8/2021). 

Hal itu, disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu, yang sekaligus sebagai Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso usai melaunching posko gotong royong.

” Saya yang mewakili dari eksekutif,maupun legislatif partai, alhamdulillah pada siang hari ini  bisa melaksanakan memperingati HUT RI yang ke – 76 dan sekaligus melaunching posko gotong royong yang akan tersebar di bumi Kota Batu,” katanya.

Itu, kata dia, di tengah HUT RI ini, menurutnya PDI Perjuangan bersama melaksanakan pembukaan posko gotong royong penanganan Covid -19 yang di launching secara serentak.

“Setelah acara peringatan detik – detik proklamasi ke – 76 khususnya di Jatim dari sejumlah 38 Kabupaten dan Kota, wajib hukumnya untuk mendirikan posko  penanganan Covid – 19 di Jatim,” paparnya.

Yang perlu, ia sampaikan, papar dia, bahwa untuk DPC Kota Batu, tahap awal launching ,menurutnya tengah menyiapkan sejumlah lima posko.

“Pertama posko induknya di DPC ,berikutnya untuk Kecamatan Batu, ada dua posko.Posko Dapil 1 di Desa Sidomulyo,Jalan Cemara Kipas, dan posko yang kedua di Jalan diponegoro,” ujarnya.

Berikutnya, ujar dia, untuk di Kecamatan Junrejo, tempatnya di Proliman, kemudian yang di Dapil Kecamatan Bumiaji, di Dusun Cangar, Desa Bulukerto. Dan yang perlu disampaikan lagi, kata dia, bahwa masing –  masing posko untuk tahap awal.

“Sesuai dengan kebutuhan kita siapkan di masing – masing posko sejumlah satu ton beras yang dikemas dalam paketan 5 kilogram per paketnya. Berikutnya untuk vitamin ada sejumlah 25 box dimana masing – masing satu box  nya ada 10 buah, dan kita siapkan juga hand sanitizer,” ungkapnya.

Karena, ungkap dia, apapun alasannya semua harus tetap menjaga prokes.Terlebih, menurut dia itu sangat penting.

“Karena masyarakat masih ada yang mengabaikan itu semua.Maka kita siapkan hand sanitizer sejumlah 200 botol.Kemudian untuk masker kita siapkan sejumlah  65  bok masker untuk masing – masing  posko yang tersebar di Kota Batu,” jelasnya.

Untuk itu, jelas dia, kalau masyarakat, termasuk kepada rekan – rekan jurnalis yang datang ke posko – posko tersebut, sangat terbuka lebar.

“Perlu kita sampaikan diposko ini kita kembangkan juga sebagai dapur umum, termasuk sebagai pusat informasi masyarakat  jika ada warga yang ada di RT dan di RW, yang terkonfirmasi Covid – 19 caranya bagaimana,” katanya.

Itu , kata dia, ketika ada salahsatu keluarganya ada yang terkomfirm Covid kalau rumahnya tidak memenuhi untuk isoman, menurutnya kerap bingung mau melaporkan kemana. Di posko – posko tersebut, menurutnya akan ada penjelasan semua.

“Disitu partai berlambang kepala banteng ini yang bakal memfasilitasi di masing – masing posko. Karena sudah ada petugasnya yang sudah diatur oleh masing – masing Pengurus Anak Cabang (PAC) setempat,” tegasnya.

Itu, tegas dia, termasuk dari para anggota fraksi partai sesuai dengan Dapilnya masing – masing.  “Pak Sampurno, Pak Kukuh,  Pak Khamim, dan Pak Asmadi serta lainnya. Untuk beras – beras untuk  kebutuhan warga dan kebutuhan lainnya ini, kita siapkan semuanya. Dan itu, ditanggung gotong royong oleh seluruh anggota PDI Perjuangan dari DPR RI Dapil Malang Raya, dan anggota fraksi Provinsi, maupun anggota Kabupaten dan Kota di daerah,” tandasnya.

Semua itu, tandas dia,semua iuran gotong royong bersama untuk  mewujudkan posko – posko tersebut.Meski begitu, Punjul mengaku tidak membuat posko – posko seperti pada tahun 1999 silam yang keberadaannya ada di tepi – tepi jalan.

“Khawatir mengganggu para  pengguna jalan.Maka saat ini kita  menggunakan rumah – rumah para kader karena tempatnya mudah terjangkau dan bisa bersinggungan langsung dengan masyarakat sekitar,” ucapnya.

Karena, ucap dia, PDI Perjuangan  butuh percepatan.Terutama di Jatim, bagaimana berkoordinasi kepada warga yang membutuhkan bantuan berupa apapun demi masyarakat.

“Termasuk Kepala Daerah maupun  wakilnya ,dan pemerintah yang ada.Akan memperhatikan termasuk masyarakat isoman, dan ini sudah berjalan bersama masyarakat disekitarnya.Mulai dari RT/RW maupun dengan para Kades,” katanya.

Itu, kata dia, terkait kesulitan warga isoman terutama untuk kebutuhan tabung oksigen yang saat ini sedang dibutuhkan.

“Para punggawa – punggawa nya partai tengah menyiapkan membantu kebutuhan masyarakat yang membutuhkan plasma dan sebagainya.Itu semua nanti informasi tersebut, bisa ditampung di posko – posko sekitar karena kita punya petugas partai di eksekutif maupun di legislatif,’ terangnya.

Itu, terang dia,  untuk segera  menindaklanjuti kebutuhan masyarakat tersebut, karena bagi PDI Perjuangan sangat wajib hukumnya.

“Aksi ini adalah bentuk kepedulian PDI Perjuangan kepada masyarakat yang terconfirm Covid – 19 terutama warga yang Isoman.PDI Perjuangan bekerja nyata dan tak akan mengobral cerita,” kelakar politisi partai penguasa ini  (Gus)