Ultah, Kanit Tipikor Polres Batu: Baru Kali Ini Dijemput Paksa

5 January 2019 - 11:20 WIB
Kanit Tipikor Polres Batu Iptu Yussi Purwanto diceburkan ke kolam dengan kondisi diborgol secara paksa saat Ultah.
Kanit Tipikor Polres Batu Iptu Yussi Purwanto diceburkan ke kolam dengan kondisi diborgol secara paksa saat Ultah.

BATU  (SurabayaPost.id) – Wawww….  Merawat jiwa korsa lewat tradisi ulang tahun (Ultah) kian membudaya di Polres Kota Batu. Itu tak hanya berlaku bagi Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto dan Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Anton Widodo.

Buktinya,  saat Kanit Tipikor Polres Batu, Iptu Yussi Purwanto, SH berulang tahun.  Tak hanya para perwira, para anggota pun ikut menyemarakkan Ultah Iptu Yussi Purwanto itu dengan prosesi seremonial ala Polres Batu.

Hal itu terlihat dari rekaman video yang beredar liar di dunia maya lewat media sosial hingga Sabtu (5/1/2019).  Dalam rekaman video itu, tampak Iptu Yussi Purwanto dijemput paksa.

Lalu, Kanit Tipikor berwajah ganteng ini diberi ucapan selamat ulang tahun oleh para senior dan juniornya. Kadonya? Waaw… Kado spesial berupa telur mentah, tepung dan borgol.

Lalu? Tak hanya berhenti di situ. Kanit Tipikor yang berulang tahun 1 Januari 2019 ini diberi ucapan selamat dengan kado diborgol,  telur-telur yang dipecahkan di badan dan kepalanya.

Setelah itu, ditaburi tepung. “Ini benih-benih cinta,” kata Kanit Pidum Polres Batu Iptu Momon Suwito  yang memberikan ucapan selamat dengan tradisi jiwa korsa Polres Batu.

Kasat Reskrim Polres Batu AKP Anton Widodo dan Kanit Pidum Polres Batu Iptu Momon Suwito saat menggiring Iptu Yussi Purwanto ke kolam ikan.

Usai ditaburi pecahan telur dan tepung, Iptu Yussi Purwanto pun digiring ke kolam ikan. “Selamat… Jumhur mau mandi di kolam renang lalu berjemur, “ kata Kasat Rekrim Polres Batu AKP Anton Widodo yang diamini  perwira dan anggota lainnya.

Lantas, mereka menggiring Iptu Yussi ke kolam renang. Lalu menceburkannya. Kanit Tipikor yang masih gagah dan muda ini hanya bisa menurut dan tersenyum sembari tertawa.

“Jumhur tetap semangat. Sebab baru kali ini Ultah dijemput paksa,“ kata Yussi sembari tertawa lepas.

Usai mandi di kolam, tradisi Ultah ala Polres Batu itu dilanjurkan  dengan potong tumpeng. Tumpeng itu disiapkan anggota khusus untuk merayakan Ultah Kanit Tipikor Polres Batu Iptu Yussi Purwanto. Selamat Ultah nDan! Semoga panjang umur, sehat selalu dan banyak rezeki.  (gus)