Wali Kota Ajak Forkopimda  Bersih-bersih Pasar Blimbing 

18 October 2019 - 17:12 WIB
Forkopimda Kota Malang kompak melakukan kerja bakti bersih-bersih saluran air di Pasar Blimbing

MALANG  (SurabayaPost.id) – Wali Kota Malang, H Sutiaji bersama Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko  serta Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Kartika mengajak Forkopimda kerja bakti. Mereka diajak bersih-bersih Pasar Blimbing, Jumat (18/10/2019). 

Di antara Forkopimda yang ikut kerja bakti di pasar itu terlihat Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander serta Komandan Kodim 0833, Letkol (Inf) Tommy Anderson.   Mereka didampingi anggota TNI/Polri. 

Mereka diajak membersihkan saluran pembuangan air di Pasar Blimbing dan Kantor Lama PDAM. Harapannya, agar saat musim hujan tidak menyebabkan banjir. 

Menurut Wali Kota Malang, H Sutiaji, kerja bakti ini dilakukan untuk menjaga kebersihan. Khususnya di area sekitar Pasar Blimbing yang diketahui merupakan salah satu titik penyebab banjir di Kota Malang.

Apalagi, akan memasuki musim penghujan, agenda kerja bakti untuk membersihkan beberapa kawasan dari sampah perlu dilakukan sebagai antisipasi terhadap banjir yang akan terjadi jika intensitas hujan nantinya cukup tinggi.

“Kegiatan ini memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa menjaga kebersihan adalah tugas kita bersama,” kata H. Sutiaji.

Wali Kota Malang juga berpesan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, karena nantinya akan berdampak buruk bagi lingkungan.

“Salah satu dari 26 titik banjir ada di kawasan Pasar Blimbing. Kita mulai kerja bakti disini, nanti akan ada kerja bakti yang dilakukan ASN di titik lainnya unuk meminimalisir sampah serta memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Dikatakan pula, saat ini Pemerintah Kota Malang sedang fokus dalam menangani permasalahan sampah. Salah satunya adalah dengan mengajukan perbaikan Perda Tentang Pengelolaan Sampah pada Propemperda Tahun mendatang.

“Termasuk masalah plastik. Kita dulu sudah canangkan plastik berbayar. Kita akan perkuat hal itu, dengan Perwal. Kalau Perda sampah nanti akan kita perkuat sanksi kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan,”  imbuhnya.

Kegiatan kerja bakti ini, lanjut H. Sutiaji, rencananya akan dilakukan pada setiap hari Jumat. Hal itu  akan melibatkan ASN dan beberapa elemen masyarakat. (lil)