Wali Kota dan Kapolres Batu Pimpin Bersih-bersih Kali Brantas 

13 October 2019 - 19:54 WIB
Wali Kota Dewanti Rumpoko bersama Kapolres AKBP Harviadhi Agung Prathama kala mengais sampah di Kali Brantas.

BATU (Surabayapost.id l) – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan  Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama kompak. Mereka bersama  komunitas Sapu Bersih Nyemplung Kali (Saber Pungli) melakukan bersih-bersih Kali Brantas, Minggu  (13/10/2019).

Mereka memimpin  masyarakat Desa Sidomulyo, Kecamatan Bumiaji, dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) nyemplung kali bareng. Mereka  membersihkan sampah di aliran sungai Brantas Kota Batu tersebut.

Alhasil dari aksinya mereka, dalam waktu 1,5 jam bisa mengumpulkan sampah hingga satu truk.  Itu hanya di kawasan perbatasan Desa Sidomulyo Kota Batu, dan Dusun Kapru Bumiaji.

 

Dalam aksinya, orang nomor satu di lingkup Polres Batu, yang sapaan akrabnya Harvi dan orang nomor satu pula di lingkup Pemkot Batu yang sapaan akrabnya Bude tersebut terlihat tidak  canggung. Mereka bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arief As Sidiq dan Jajaran Muspika Kecamatan Bumiaji serta segenap masyarakat memungut sampah – sampah yang bertebaran.

Sampah-sampah yang ada di sungai satu persatu diambil. Setelah itu dimasukkan dalam kantong  plastik.

Koordinator Saber Pungli, Herman Aga,mengaku dalam aksi Saber Pungli yang digelar hari ini, menurutnya terasa spesial.Dengan alasan lantaran bertepatan dengan 100 kali nyemplung kali.

Dan komunitas tersebut bergerak untuk membersihkan sungai ,yang mana dihari ini sedang dirayakan .

“Alhamdulillah kita masih bisa eksis , dan nantinya nama komunitas sabers Pungli akan kami ganti menjadi Sabers Brantas, karena kami akan menjadikan program ini menjadi  lebih besar dan sebagai Role Models,” sergah Herman Aga.

Menurut  dia, aksi Saber Pungli tersebut, sebagai upaya menjaga ekologi, serta kelestarian air dan sungai. “Kegiatan ini akan terus dilakukan, hingga sungai di Kota Batu betul-betul bersih dari sampah,” janjinya.

Sementara itu, Harvi mengaku sangat senang dan bangga. Itu lantaran bisa diterima di kalangan komunitas pecinta lingkungan tersebut.

“Saya sangat mendukung positif apa yang dilakukan oleh komunitas masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Dan saya sangat berterima kasih karena ini adalah nyemplung kali saya yang perdana sebagai Kapolres Batu, setelah dilantik beberapa minggu yang lalu,” timpalnya (Gus)