Wawali Berangkatkan Bantuan Bencana yang Digagas Srikandi PP ke Kalsel

25 January 2021 - 17:44 WIB
Wawali Punjul Santoso saat memberangkatkan bantuan untuk korban bencana di Kalsel.

BATU (SurabayaPost.id) – Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso memberangkatkan bantuan bencana yang digagas Srikandi Ormas PP MPC Kota Batu ke Kalimantan Selatan (Kalsel). Pemberangkatan itu dilakukan  dari Posko donatur peduli bencana alam yang terletak di halaman Plaza Batu, Senin  (25/1/2021).

Pada kesempatan itu, orang nomor dua di lingkup Pemkot Batu yang sapaan akrabnya Punjul,mengaku atas nama Pemerintah Kota Batu tengah mengapresiasi kegiatan yang digagas MPC PP Kota Batu.

“Hari ini pemerintah Kota Batu mengapresiasi kegitan ini selama satu pekan mereka menggalang bantuan bencana dalam rangka mengurangi beban shodara kita yang ada di Kalsel,” katanya.

Itu, kata dia, adalah kepedulian yang luar biasa yang harus diapresiasi sekaligus bisa dicontoh oleh masyarakat yang ada di Kota Batu.

Detik-detik menjelang pemberangkatan bantuan untuk korban bencana di Kalsel yang dilakukan Ormas PP Kota Batu

“Dikoordinir teman – teman PP Kota Batu dengan kepeduliannya yang luar biasa. PP setiap saat kalau ada permasalahan sosial mereka adalah yang pertama dan yang utama melaksanakan giat bentuk kepeduliannya ,” puji Punjul.

Sementara itu, Ketua Srikandi PP MPC Kota Batu Dewi Kartika,mengaku bantuan yang dibutuhkan dan yang dikirim tersebut,menurutnya berupa barang.

“Bantuan yang dikirim ke Kalsel berupa barang.Kalau berupa uang di sana harga barang – barang sangat mahal.Jadi teman – di Kalsel mengaku membutuhkan bantuan berupa barang daripada berupa uang ,” paparnya

Itu, papar dia, terkait mekanisme pelaksanaan distribusi pengirimannya ke Kalsel, menurutnya sedang dikawal pengirimannya ke Majelis Pimpinan Wilayah ( MPW) Jatim.

“Karena MPC dari seluruh Jatim dipusatkan di MPW. Dan MPW yang menyerahkan bantuan ini ke MPW PP  Kalsel,” terangnya.

Dan itu, terang dia, giat donasi tersebut, dilakukan sejak 19, hingga 24 Januari 2021.Praktis, kata dia, giat yang dimaksud sudah berjalan sepekan.

“Open donasi ini tahap pertama. Ketika ada hal -hal yang darurat terkait musibah di Jawa Timur maupun di seluruh Indonesia, PP digarda terdepan membuka posko donasi peduli bencana,” ngakunya.

Dan itu, ngaku dia, selain membuka posko donasi maupun tenaga.Dengan demikian ia berharap donasi yang dikumpulkan karena amanah dari warga masyarakat Kota Batu. Dia berjanji akan disampaikan kepada saudara – saudari di Kalsel  yang sedang didera musibah, sesuai barang – barang yang didapat para donatur. “Setidaknya bantuan ini bisa sedikit meringankan beban mereka yang disana,” harapnya.

Yang perlu diinformasikan, kata dia, awal mendirikan posko bantuan bencana tersebut. Menurutnya setelah mendapat surat dari MPW Srikandi PP Kalsel.

“Setelah dikoordinasikan pada MPW Jatim dan MPC Kota Batu, maka kita sepakat memprakarsai untuk mendirikan posko menghimpun donasi dari masyarakat Kota Batu,” ujarnya.

Selanjutnya, ujar dia, terkait donasi – donasi yang berhasil dikumpulkan selama sepekan ada beberapa hal. “Pakaian dewasa dan anak sejumlah  69 kardus.Tas dan sepatu sejumlah 1 kardus, kemudian pampers sejumlah 3 kardus. Mie instan terdapat sejumlah 98 kardus terdiri dari Pop Mie, Indomie. Minuman sehat dan Mie Bal 2 kardus,” bebernya.

Lastas, beber dia, termasuk 1 karung beras sejumlah 25 kg, sejumlah 27 paket beras  berisi 5 kg, dan sejumlah 4 paket beras lagi,berisi 10 kg.

“Termasuk sabun batang sejumlah  3 kardus, kemudian kasur lipat 3 buah, dan tikar sejumlah 10 buah, serta sejenis obat –  obatan sejumlah 2 kardus,” urainya.

Terpisah Komandan Inti ( Dankoti ) PP MPC Kota Batu , Agus mengaku bangga pada saat prosesi pemberangkatannya bantuan tersebut, telah dilakukan oleh orang nomor 2 dilingkup Pemerintahan Kota Batu, yakni Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

“Beliau  datang dan bersedia memberangkatkan bantuan hasil dari uluran tangan warga Kota Batu. Setidakknya Bapak Punjul sudah mau dan bersedia memberi semangat pada kami,” puji Agus.

Meski begitu, Agus mengaku apa yang dilakukan dari Srikandi – Srikandi PP tersebut, menurutnya itu murni kemanusiaan dan tidak ada kepentingan politik.

Mengingat pada saat Kota Batu pernah diterpa bencana beberapa tahun lalu diwilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, kala itu juga diketahui banyak para donatur dari beberapa daerah yang ikut andil memberi bantuan kepada warga Kota Batu yang sedang didera musibah saat itu,”  pungkasnya ( Gus )