Wawali Punjul Santoso, Menyerahkan Hewan Kurban Sapi Limosin di Masjid Misbahus Shudur

10 July 2022 - 16:28 WIB
Panitia dan Takmir Masjid Misbahus Shudur
Panitia dan Takmir Masjid Misbahus Shudur

BATU (Surabayapost.id) – Wakil Wali (Wawali) Kota Batu, H Punjul Santoso, menyerahkan satu ekor sapi hewan kurban. Sapi itu jenis limosin dengan berat sekurar 950 kilogram kepada Takmir Masjid Misbahus Shudur, Minggu (10/07/2022) Jalan Imam Bonjol Gg 1, Kelurahan Sisir Kota Batu, Jawa Timur.

“Bahwa pemotongan hewan korban seharusnya dilaksanakan di Rumah Potong Hewan (RPH) Junrejo. Karena keterbatasan tempat, sedangkan hewan kurban sangat banyak, maka diajukan di Masjid Misbahus Shudur Jalan Imam Bonjol menjadi lokasi pemotongan hewan untuk lokasi sekitar,” kata Punjul.

Momentum Idul Adha 1443 Hijriyah ini, diharapkan bisa memberi semangat untuk bangkit dan optimis.

“Melihat situasi wabah penyakit PMK saat ini, sesuai SE (surat edaran) Menteri Pertanian No 3/SE/PK.300/M/5/2022 Pemerintah Kota Batu telah menetapkan lokasi penjualan dan penyembelihan hewan kurban telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Wali Kota Batu,”ujarnya.

Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso menyerahkan satu ekor sapi kurban
Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso menyerahkan satu ekor sapi kurban

Selain itu, hewan kurban harus diperiksa dan mendapatkan persetujuan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk kelayakannya. Dengan begitu, hewan kurban tersebut, sudah aman dikonsumsi dan bebas dari penyakit PMK.

“Ada sejumlah 92 lokasi yang direkomendasikan untuk lokasi penyembelihan hewan kurban di Kota Batu,” tuturnya.

Sementara itu, Yunus Rakmad Purwanto, Takmir Masjid Misbahus Shudur, menegaskan bahwa Masjid Misbhahus Shudur menampung 5 masjid dan 7 mushola yang terletak di RW 1, RW 2, RW 3 dan RW 5.

“Masjid ini menjadi tempat rekomendasi untuk penyembelihan kurban, ada 11 ekor Sapi dan 10  ekor kambing,” jelas Yunus.

Senada disampaikan Hery Maskur Ketua Panitia Hewan Kurban Masjid Misbahur Shudur, pada momen Idul Adha ini dari puluhan hewan kurban tersebut, terdiri dari 11 sapi dan 10 ekor kambing.

“Yang 3 ekor sapi, kurban dari internal warga masjid setempat, dan lainnya dari warga sekitar termasuk Wakil Wali Kota Batu Bapak Punjul Santoso. Dan ini menjadi waktu yang dinanti banyak umat muslim,” tandasnya. (gus)