Pemkab Malang dan USAID Tingkatkan Layanan Sanitasi

14 October 2019 - 17:22 WIB
Penandatanganan kerja sama yang dilakukan di pendopo Kabupaten Malang.

MALANG (SurabayaPost.id)  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dan USAID (United States Agency for International Development / Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika) di bawah Program USAID IUWASH PLUS (Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene – Penyehatan Lingkungan Untuk Semua) bakal meningkatkan akses air minum dan layanan sanitasi masyarakat.

Kerjasama dengan USAID IUWASH PLUS ditandai dengan  penandatanganan kerjasama. Itu antara William Parente, selaku Chief of Party USAID IUWASH PLUS dan Bupati Malang HM Sanusi, di Pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim no.7 Kota Malang, Senin (14/10/2019).

Bupati Malang HM Sanusi menyampaikan, pihak USAID IUWASH PLUS ini memiliki program yang sejalan dengan Pemkab Malang. “Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat, terutama dalam hal keberadaan air bersih, layanan sanitasi, serta perbaikan perilaku higiene bagi masyarakat miskin dan kelompok rentan,” ungkapnya.

Sebab, lanjut Sanusi, Program USAID IUWASH PLUS ini merupakan sebuah inisiatif untuk mendukung Pemerintah dalam meningkatkan akses air minum dan layanan sanitasi serta perbaikan perilaku higiene bagi masyarakat miskin dan kelompok rentan di perkotaan dan di daerah.

“Saya ucapkan terimakasih, semoga dengan bantuan ini, Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat di Kabupaten Malang dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat melalui angka kelulusan di tingkat SD, SMP, SMA sederajat, dimana nilai rata-rata ujian nasionalnya bisa mencapai rata-rata sembilan,” jelasnya. 

Selain itu, tambah Sanusi, diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat merubah pola kehidupan bagi masyarakat agar semakin higenis, sehingga dapat terhindar dari segala macam penyakit. Sedangkan, untuk daerah-daerah yang kekurangan air,  juga diharapkan nantinya biasa dapat teratasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas masyarakat.

“Untuk masalah stunting (gizi buruk kronis) saat ini menjadi prioritas bagi Kabupaten Malang, Alhamdulillah dari 28 persen bisa kita turunkan menjadi 12 persen. Capaian tersebut merupakan hasil yang luar biasa. Saya berharap dengan adanya program ini, Pemkab Malang bisa menekan angka stunting hingga mencapai zero stunting,” tukasnya.

Sementara itu, Chief of Party USAID IUWASH PLUS, William Parente dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih karena telah diterima dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Malang. 

“USAID telah memberikan bantuan teknis ke beberapa negara, terutama di tingkat nasional dan di tingkat daerah seperti yang kita lakukan di Kabupaten Malang ini, semuanya di sektor air dan sanitasi,” pungkasnya. (lil)