7 Cemilan Diet Enak dan Tidak Bikin Gendut

31 July 2021 - 22:48 WIB
Camilan sehat yang aman dan enak untuk diet.

Seberapa sering dari kalian yang suka lapar pada tengah malam? Pasti kalian pernah merasakan hal ini. Rasa lapar tersebut membuat kita ingin ngemil sesuatu tetapi kita seringkali kita mengurungkan niat untuk makan dan menahan lapar karena takut gendut. Tetapi jika kita terlalu sering menahan lapar, lama kelamaan kita bisa sakit maag. Alhasil yang tadinya ingin menurunkan berat badan demi sehat malah mendatangkan penyakit.

Cemilan biasa identik dengan bikin gendut dan tidak sehat. Namun, apakah semua cemilan seperti itu? Tentu saja tidak. Jika kita makan cemilan seperti mie instan, es krim, cookies tentu saja kita bisa bertambah berat badannya. Maka dari itu, yuk simak beberapa rekomendasi cemilan diet yang enak dan tidak bikin gendut di bawah ini!

Greek Yoghurt dengan buah beri

Greek yoghurt memiliki kandungan protein lebih banyak daripada yogurt biasa. Terdapat 15 sampai 20 gram protein di dalam 6 ons greek yoghurt. Sedangkan yogurt biasa hanya mengandung 9 gram protein. Rasa yogurt biasa juga lebih manis karena mengandung gula yang lebih banyak.

Agar lebih nikmat, greek yoghurt dapat dinikmati dengan buah-buahan beri. Apabila rasanya teralu hambar, makan dapat menambahkan 1 sendok teh madu diatasnya.

Smoothie Blueberry

Smoothie ini dapat menjadi alternatif cemilan sehat bagi kalian. Bahan dan cara pembuatannya cukup sederhana. Kalian hanya perlu siapkan buah blueberry, yogurt, dan susu lalu blender semua bahan-bahannya hingga halus. Kalian juga bisa mengganti buah blueberry dengan buah lainnya dan tambahkan es batu agar lebih nikmat. 

cemilan ini juga sehat dan aman diet

Mangga Beku

Mangga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam mangga, terkandung banyak vitamin seperti vitamin A, E, dan C.  Selain meningkatkan daya tahan tubuh, mangga juga dapat mengurangi potensi kanker dan diabetes. Mangga dapat dimasukkan ke dalam kulkas sehingga kalian dapat makan dalam keadaan beku dan membuat tubuh terasa lebih fresh.

Oatmeal

Oatmeal memiliki beberapa kandungan yang penting untuk tubuh, seperti magnesium, zat besi, zinc, dan magnesium. Oleh karena itu, oatmeal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan energi kita. Selain itu oatmeal juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung karena dalam secangkir oatmeal mengandung 4 gram serat. Oleh karena itu, banyak orang yang makan oatmeal untuk diet karena memberikan rasa  kenyang lebih cepat dan tahan lebih lama. Untuk rasa yang lebih lezat, oatmeal dapat ditambahkan buah-buahan atau selai kacang dengan kalori yang rendah.

Apel dengan selai kacang

Apel memiliki banyak khasiat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Apel mengandung banyak serat dan antioksidan sehingga dapat meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sedangkan selai kacang juga turut meningkatkan kesehatan jantung. Selain rasanya yang lezat, hidangan ini memiliki total di bawah 200 kalori sehingga cocok untuk kalian yang ingin diet. Jangan lupa untuk memilih selai kacang tanpa tambahan pemanis buatan ya. 

Whey protein shake

Whey protein shake sering digunakan orang-orang sebagai suplemen untuk program diet. Minuman ini memiliki berbagai macam manfaat seperti menghilangkan lemak, membentuk otot, dan merendahkan kadar kolesterol. Selain itu, protein shake juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, protein shake menyebabkan rasa mual dan pusing pada kepala.

Pudding Chia

Hidangan ini dapat menjadi cemilan sehat dan cocok untuk kalian yang ingin diet. Biji chia memiliki serat dan kandungan antioksidan yang tinggi. Oleh karena itu, biji chia dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Kalian bisa tambahkan madu atau bubuk kayu manis sebagai pemanis dan rasa yang lebih nikmat.

Itulah rekomendasi cemilan diet sehat dan lezat yang bisa kalian coba. Kalian dapat menyimpan cemilan-cemilan diatas ke dalam sebuah wadah lalu dimasukkan ke dalam kulkas. Kalian bisa beli tempat wadah di tempat yang menjual toples kaca sekaligus menjual botol minum. Pastikan kalian hanya beli toples kaca dan botol minum di toko yang terpercaya ya!

Penulis: Sharon Suryaatmadja