Peringati Hari Buruh, Serikat Pekerja Bersama Apindo Bakal Gelar Senam Bersama

29 April 2019 - 21:00 WIB
Ketua SPSI Kota Batu, Purtomo dan Kasi Perselisihan  Disnaker Kota Batu, Leendy.
Ketua SPSI Kota Batu, Purtomo dan Kasi Perselisihan  Disnaker Kota Batu, Leendy.

BATU (SurabayaPost.id) –  Serikat pekerja dan Asosiasi Pengusaha Indonesia  (Apindo) Kota Batu kompak. Buktinya mereka akan menggelar senam bersama saat memperingati hari buruh internasional di Lapangan Parkir Jatim Park 3, Kota Batu, Rabu (1/5/2019).

Rencana tersebut dibenarkan Ketua SPSI Kota Batu, Purtomo SH, Senin (29/4/2019). Menurut Purtomo yang juga Ketua Panitia Pelaksana Senam Bersama itu, kegiatan tersebut digagas beberapa organisasi serikat pekerja.

Di antaranya Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Selain itu  Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) serta Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Kota Batu.

Menurut senam bersama itu akan diikuti ribuan pekerja dari perusahaan besar yang tersebar di Kota Batu itu. “Perkiraan sekitar sejumlah 1.500 pekerja dari perusahaan besar yang ada di Kota Batu,” kata dia.

Dijelaskan  Purtomo bila mereka bakal mengikuti senam goyang morena yang akan dipusatkan di halaman parkir Jatim Park 3. Sesuai rencana kegiatan tersebut dijadwalkan mulai pukul 06,00-09.00 WIB.

Untuk itu, Purtomo meyakini halaman parkir Jatim Park 3 bakal dibanjiri ribuan orang. Meski begitu Purtomo sangat yakin, mereka semua bakal tertib dan tidak akan ada aksi – aksi yang bertentangan dengan hukum.

“Dalam pelaksanaannya nanti, saya berharap kepada ribuan pekerja yang hadir, bisa tetap menjaga stabilitas ketertiban dan kenyamanan. Terima  bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata Batu,” harapnya.

Itu mengingat,  kata dia sudah bukan  zamannya lagi ada aksi – aksi demo dan sebagainya. Sebab para pekerja dan manajemen perusahaan sudah berkolaborasi dengan baik demi  menciptakan keharmonisan.

“Adanya perusahaan yang besar dan sukses, karena adanya para pekerja. Pekerja bisa bekerja dengan baik karena ada perusahaan,” kata  Purtomo bangga.

Makanya dia berharap Pemerintah Kota Batu lewat dinas terkait bisa bersinergi dan melindungi para pekerja di Kota Batu. Sebab mereka sebagian besar warga Kota Batu sendiri. “Jadi Disnaker Kota Batu harus peduli terhadap para pekerja,” harapnya yang diamini   Kepala Seksi (Kasi) Penanganan Perselisihan Disnaker Kota Batu, Leendy.

Sementara itu, Humas  Jatim Park 3 H Slamet Budi Wahono, tidak membantah soal senam bersama para buruh itu. Dia pun mengaku siap mendukung kegiatan tersebut.  

“Karyawan Jatim Park group bakal hadir juga dalam kegiatan itu. Baik karyawan di hotel maupun tempat wisata,” katanya. (gus)