Dirjen Kementerian ESDM RI di Closing Pesmaba UMM: Peran Penting Anak Muda Selamatkan Bumi

Rektor UMM Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. (Sumber Humas UMM)
Rektor UMM Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. (Sumber Humas UMM)

MALANG (SurabayaPost.id) – Di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM RI Prof. Dr. Eniya Listiani Dewi, M.Eng., IPU. tegaskan bahwa anak muda punya peran dalam transisi energi di Indonesia. Adapun ia hadir dan memerikan motivasi pada maba di penutupan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) UMM, pada 13 September 2024.

Orasinya juga senada dengan tema Pesmaba UMM 2024, yakni ‘Generasi Digital Generasi Penyelemat Bumi’. Menurut Listiani, anak muda memiliki peran krusial dalam transisi energi di Indonesia, terutama melalui inovasi dan teknologi, riset dan pendidikan. Selain itu juga terkait perubahan gaya hidup. Sebagai generasi yang lebih terbuka terhadap perkembangan teknologi, anak muda dapat menciptakan solusi inovatif di sektor energi terbarukan.

“Generasi muda ini unik, kalian punya potensi lebih dalam mengembangkan teknologi seperti panel surya, turbin angin, dan baterai penyimpanan energi yang lebih efisien. Kalian juga bisa menemukan cara-cara baru untuk memanfaatkan energi bersih dengan biaya lebih rendah dan dampak lingkungan minimal,” ungkapnya.

Menariknya, selama ini UMM telah secara langsung mengimplementasika teknologi untuk mengoptimalkan energi baru terbarukan. Salah satunya dengan mengembangkan dan mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) serta optimalisasi panel surya sebagai sumber listrik alternatif di berbagai sektor.