Desa Semampir Gelar Sedekah Bumi, Arak Tumpeng dan Hasil Bumi Keliling Kampung

Aneka miniatur tumpeng memeriahkan Sedekah Bumi Dusun/Desa Semampir Kecamatan Cerme-Gresik, Sabtu (14/9/2024).

GRESIK (SurabayaPost.id)–Pemerintah Desa (Pemdes) Semampir Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur menggelar sedekah bumi dengan menampilkan hasil bumi (pertania). Hasil bumi mereka hias dengan berbagai aneka ragam kebudayaan di Insonesia

Kepala Desa Semampir, Achmad Syahid mengatakan, kegiatan sedekah bumi ini bentuk syukur masyarakat Desa Semampir terhadap hasil bumi yang melimpah. Mulai dari tambak dan pertanian. Selain itu, usahanya juga lancar.

Oleh karena itu, beberapa Rukun Tetangga (RT) di Dusun Semampir membuat miniature yang bisa dikenang oleh masyarakat dan anak-anak. Diantaranya, ada miniatur Ibu Kota Nusantara (IKN), miniatur burung cendrawasih, monitur tugu dan tumpeng raksasa.

Selain itu, masyarakat juga memakai busana hias, sehingga membuat suasana meriah saat keliling kampung membawa tumpeng menuju Balai Desa.

“Semuanya dikelilingi hasil panen pertanian. Ada buah apel, semangka, kacang, ketela, tomat, ikan bandeng, nanas, belimbing, jeruk, pisang, dan jajan pasar. Semuanya dilakukan sebagai bentuk syukur kepada Allah yang telah memberikan rejeki yang melimpah kepada masyarakat dusun Semampir,” kata Achmad Syahid, dengan didampingi Jajaran Muspika Cerme, mulai dari Polsek, Koramil dan Kecamatan.

Selain itu, Achmad Syahid juga mengucapkan syukur dan terimakasih atas kerukunan dan kekompakan semua masyarakat Desa Semampir. Terutama atas kehadiran jajaran Muspika Cerme yang hadir untuk menyaksikan kegiatan sedekah bumi.

“Terimakasih jajaran Muspika, mulai Pak Camat, Kapolsek dan Danramil sudah hadir untuk menyaksikan kegiatan sedekah bumi di desa kami. Seperti ada miniature IKN, miniature buurng merak dan tumpeng tugu,” katanya.

Sementara Kepala Dusun Semampir Nur Kholis mengatakan, kegiatan sedekah bumi dilakukan berbagai acara, mulai sholawat nabi, selamatan dan panggung hiburan wayang kulit dengan diiringi Kawawitan serta Campursari.

“Pada kesempatan hari ini, atas nama Pemerintah Desa dan Dusun Semampir menyampaikan terimakasih kepada semua tokoh dan para pemuda Dusun Semampir yang berpartisipasi di sedekah bumi. Mulai Kamis kegiatan bersholawat. Saya bangga terhadap kepanitiaan, sebab sangat kompak dan meriah. Dab bagi donatur, semoga amal ini dilipatgandakan oleh Allah,” kata Nur Kholis.

Sementara Camat Cerme mewakili Muspika Umar Hasyim mengatakan, masyarakat untuk tetap guyub dan rukun dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dalam menjalankan kehidupan bisa lebih rukun dan lancar. Seperti dalam menanam padi dan menebar benih ikan bandeng. Akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan kebaikan yang diberikan kepada alam.

“Sampean jelas nandur benih ikan bandeng dan padi, maka bandengnya bisa tumbuh besar-besar dan padinya juga beranak berrlipat-lipat. Ini merupakan nikmat Allah yang melimpah,” kata Umar.

Oleh karena itu, Camat Cerme Umar Hasyim mengharapkan para orang tua, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda untuk tidak membakar sampah sembarangan di musim kemarau, agar tidak menimbulkan kebakaran yang lebih besar di lingkungan masyarakat. Sedangkan jika kesulitan air bersih untuk melaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sehingga masyarakat tidak sampai kesulitan air bersih.

Selain itu, kepada generasi muda untuk menghindari narkoba dan narkotika, sebab bisa membahayakan masa depan generasi muda. Bahkan, termasuk perjuaian online yang memancing generasi muda untuk berjudi.

“Kalau sudah narkoba dan berjudi, nanti bisa rumah dan semua aset terjual. Yang rugi siapa, keluarga, diri sendiri dan masa depan anak-anak. Maka siapkan pengetahuan budi pekerti yang baik terhadap lingkungan, masyarakat dan orang tua. Semoga, masyarakat desa Semampir semakin kompak,” kata Umar Hasyim. `(***)