LOMBOK (SurabayaPost.id) – Dalam rangka mendukung pemerataan akses air bersih dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah pelosok desa, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan program Sarana Air Bersih (SAB) di Desa Labuan Tereng Dusun Songkang, Kecamatan Lembar Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pada Jum’at (28/11/2025).
Kegiatan peresmian yang menjadi bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini turut dihadiri oleh M. Kafin Latif (General Manajer Witel Nusa Tenggara), Syannet Maria Reinhart (Manajer Shared Service dan General Support), Mudhahar (Perwakilan Kepala Desa), dan tokoh masyarakat setempat.
Adapun sarana air bersih berupa dibangun berupa sumur, tampungan air, dan kran air wudhu yang dibangun oleh PT Telkom, dirancang untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi lebih dari 100 kepala keluarga yang selama bertahun-tahun mengalami kesulitan akses sarana air layak konsumsi.
“Hari ini, sebagai salah satu wujud konkrit program TJSL, Telkom akan menyerahkan bantuan Sarana Air bersih kepada Yayasan Al Huda Al Mubarak dan masyarakat Desa Labuan Tereng, Dusun Songkang, Lombok Barat. Kami berharap semoga kedepan bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat dan harapan kami semoga sarana yang dibangun terus dirawat agar kedepannya bisa bermanfaat bagi banyak masyarakat,” ujar Kafin Latif.
Atas pelaksanaan program ini, Perwakilan Kepala Desa Labuan Tereng, Mudhahar, memberikan apresiasi kepada Telkom yang telah mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat Dusun Songkang. Beliau menyampaikan, kehadiran SAB Telkom ini menjadi solusi nyata terhadap persoalan kekurangan air bersih yang selama ini menjadi salah satu tantangan utama di beberapa wilayah NTB, terutama saat musim kemarau.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada PT Telkom Indonesia yang sudah memberikan sarana dan prasarana air bersih di Dusun Songkang, Desa Labuan Tereng. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi 100 kk Desa Labuan Tereng. Terutama bagi dusun atas pengunungan yang sulit air,” lanjut Mudahar.
Ucapan terima kasih turut disampaikan oleh Ketua Yayasan selaku perwakilan penerima manfaat dari TPQ Al Huda Al Mubarok Desa Labuan Tereng. Menurutnya, bantuan Sarana Air Bersih ini akan membawa manfaat yang besar bagi warga di Desa Labuan Tereng, khususnya di Dusun Songkang.
Tidak hanya membangun instalasi fisik, Telkom juga menyiapkan program sosialiasi, pelatihan dan pendampingan kepada warga untuk memastikan sistem ini dikelola secara berkelanjutan. Melalui pelibatan aktif kelompok masyarakat dan perangkat desa, SAB Telkom diharapkan dapat berfungsi secara mandiri dan bertahan dalam jangka panjang, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sanitasi dan perilaku hidup bersih.
Perlu diketahui, program SAB Telkom ini merupakan bagian dari strategi keberlanjutan perusahaan yang mengacu pada prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Program ini juga selaras dengan agenda global Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada poin 6 (Akses terhadap air bersih dan sanitasi layak), poin 11 (Kota dan komunitas yang berkelanjutan), dan poin 17 (Kemitraan untuk mencapai tujuan).
Melalui peresmian SAB di Dusun Songkang, Telkom menegaskan peran strategisnya yang tidak hanya sebagai penyedia layanan telekomunikasi nasional, tetapi juga sebagai agen pembangunan sosial yang hadir di tengah masyarakat dengan solusi nyata. Perusahaan berharap, langkah ini dapat menjadi inspirasi bagi sektor swasta lainnya untuk ikut terlibat dalam upaya pembangunan berkelanjutan yang inklusif dan berdampak langsung bagi masyarakat. (**).
