Amankan Logistik Pemilu, Kapolres Ngaku Siap Pertaruhkan Nyawa

21 April 2019 - 11:55 WIB
Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto

BATU (SurabayaPost.id) – Meski situasi PPK yang ada di wilayah hukum Polres Batu hingga saat ini masih kondusif, Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto tetap waspada. Dia  memerintahkan kepada seluruh anggota Polres Batu untuk mengawal dan memperketat pengamanan kotak suara hasil pemilu serentak pada Rabu 17 April 2019.

Pengawalan tersebut, dibenarkan Budi Hermanto yang sapaan akrabnya Buher itu,  Minggu (21/4/2019). Menurut dia, dalam pengawalan tersebut, dilakukan baik yang di tingkat Desa maupun tingkat Kecamatan di wilayah Kota Batu. Termasuk juga  di Kecamatan Pujon, Ngantang serta Kasembon, Wilayah Kabupaten Malang.

“Dalam hal pengamanan ini, Polres Batu juga mendapatkan bantuan personil dari Brimob Ampeldento Malang serta dari kesatuan TNI. Mereka all out mengamankan proses Pemungutan dan pasca pemungutan suara,” kata Buher.

Untuk itu, menurut Buher, pengamanan logistik Pemilu dari KPU berupa kertas suara, kotak suara, bilik suara, dan perlengkapan logistik lainnya adalah hal yang  sangat penting.

“Karena itu merupakan dokumen penting negara dan harus dijaga dengan baik. Nyawa pun akan kami pertaruhkan untuk itu. Siapapun yang mencoba merusak, merampas dan menukar kotak dan surat suara akan kami tindak tegas. Petugas yang melaksanakan pengamanan berjaga selama 24 jam setiap harinya nonstop bersenjata lengkap,” tegasnya.

Lantas tegas dia, sementara situasi PPK yang ada di wilayah Hukum Polres Batu hingga saat ini masih kondusif dan kotak suara tersimpan dalam keadaan aman dan lengkap.

“Tapi kita tetap waspada dan tidak boleh lengah. Sehingga  tidak sampai ada seorang pun berbuat onar terhadap keberadaan Logistik Pemilu ini,” pungkasnya. (gus)