Anggota Yonmek 741/GN Buka Puasa Bersama Umat Katolik Malaka

3 June 2019 - 16:15 WIB
Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara saat buka puasa bersama umat katolik di rumah adat Fukafehan Ailala Desa Alas Utara Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka.

BETUN (SurabayaPost.id)-Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara Pos Ailala di Desa Alas Utara Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (02/06/2019), buka puasa bersama umat katolik setempat.

Buka puasa bersama itu dilakukan atas undangan Ketua Adat Fukafehan Benyamin Suri. Sedangkan anggota Satgas Pamtas Pos Ailala beragama Muslim yang menghadiri undangan itu berjumlah 10 orang dipimpin langsung Komandan Pos Ailala Sertu Yudi Pramono.

Ketua Adat Fukafehan Benyamin Suri mengadakan buka bersama itu sebagai ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara yang telah membantu melakukan pengamanan terhadap acara keagaman pengantaran Patung Bunda Maria dari dusun ke dusun di wilayah Desa Alas Utara selama satu minggu terakhir.

Selain itu, anggota Pos Ailala diakui selalu hadir di saat warga membutuhkan. Karena itulah, masih dalam suasana Ramadhan ini, umat katolik terutama di lingkup rumah adat Fukafehan mengadakan acara buka bersama.
Acara buka bersama ini dihadiri Pater Ronny Moensaku, SVD, pastor dari Gereja Katolik Paroki Alas, tokoh adat dan warga setempat kurang lebih 30 orang.

Acara ini berlangsung sederhana namun sangat berarti. Semua bahan makanan disiapkan umat katolik. Mereka pula yang masak. Sedangkan penyembelihan ayam dilakukan anggota Satgas Pamtas Pos Ailala yang beragama Islam.
Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Mayor Inf Hendra Saputra mengatakan, acara buka bersama ini berlangsung sederhana.

“Ini adalah bentuk kedekatan Satgas dengan masyarakat. Ini merupakan hal yang luar biasa karena dengan seperti ini, setiap kegiatan atau situasi yang ada ke depan nanti kita bisa saling membantu”, kata Mayor Hendra.

Mayor Hendra berkomitmen untuk selalu mendekatkan Satgas bersama masyarakat dengan membantu kesulitan yang dialami masyarakat.
“Inilah wujud nyata hubungan kekeluargaan yang sangat harmonis antara Satgas dengan masyarakat”, katanya. Menurut Mayor Hendra, toleransi antarumat beragama harus dijunjung tinggi. Sebab, toleransi itulah yang membuat NKRI kuat dan solid. (cyk)