Cegah Korona, Kadin Bersama PP Bagi-bagi Minuman Rempah-rempah

21 March 2020 - 14:23 WIB
PPak dan Kadin Kota Batu membuat minuman dari rempah-rempah untuk mencegah virus korona.

BATU (surabayapost.id) – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Batu bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batu mengerahkan puluhan anggotanya turun ke jalan. Mereka bagi – bagi minuman dari rebusan empon – empon yang berkhasiat untuk mencegah penularan virus korona.

Pembagian minuman rempah-rempah tradisional itu dilakukan di Jalan Raya Gajah Mada 1, seputaran Alun – Alun Kota Batu, Sabtu, ( 21/3/2020). Setiap orang yang lewat kawasan tersebut diberi minuman rempah-rempah tersebut..

Menariknya aksi puluhan Ormas PP dan Kadin tersebut, tak hanya dihadiri istri Wakil Walikota Batu Wibi Asri Fianti Punjul Santoso. Namun, proses pembuatan minuman rebusan empon – empon dari rempah – rempah tersebut langsung diproses di tempat.

Dengan bahan rempah – rempah sejenis kunir, jahe, kencur daun sirih dan serai.

Bagi-bagi minuman rempah-rempah

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Ketua MPC PP Kota Batu , Edvin Setyo Adwiranto.

Menurut pria yang sapaan akrabnya Edvin ini bisa dipakai untuk jaga.jaga. Makanya bagi – bagi minuman rebusan dari empon – empon sebanyak 1500 kemasan aqua gelas.

” khasiatnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Rempah-rempah itu diyakini pula dapat mengendalikan sitokin atau sel yang keluar akibat terkena virus,” kata Edvin.

Dengan begitu hasil olahan rempah – rempah secara manual ini, diharapkan dapat mengendalikan sitokin agar tubuh tidak terinfeksi ancaman wabah Corona.

“Ini bentuk aksi kita yang melihat situasi terkini Covid – 19.Kadin dan PP tergugah untuk segera bersikap dalam persoalan ini. Karena tidak bisa berdiam diri,kita tidak bisa menarik diri demi keselamatan kita semua,” ungkapnya.

Karena ungkap dia, harus memikirkan semua elemen masyarakat dengan kondisi yang ada di Kota Batu. PP dan Kadin melakukan reaksi nyata dan kerja nyata bahwa inilah yang bisa dilakukan.

“Kita bersama sama menggugah masyarakat Batu agar tidak merasa ketakutan yang berlebihan.Karena dengan ketakutan yang berlebihan itu bakal tersugesti dan malah mudah terdampak ancaman Corona,” tegasnya.

Apalagi tegas dia, kalau merasa takut tapi tidak melakukan tindakan pencegahan diri, maka menurut Edvin tak ubahnya seperti pepesan kosong belaka. “Kita bersama – sama melakukan tindakan nyata agar situasi segera kondusif dan dampak ini tidak berlarut larut,” harapnya.

Sementara itu, Wibi Punjul Santoso berjanji terkait giat yang digagas PP bersama KADIN ini bakal segera dikoordinasikan ke anggota PKK agar gerakan semacam ini bisa berkelanjutan.

“Dengan bahan empon – empon yang murah dan terjangkau, akan segera disosialisasikan dan bakal segera bergerak langsung mulai di tingkat Kecamatan maupun di desa – desa,” janjinya.

Selain itu ,empon – empon tersebut menurutnya kegunaannya sangat beragam.Selain itu, di PKK sudah bergelut dengan empon – empon, dan Wibi berjanji dari kelompok kerja (Pokja) yang ada di tiga kecamatan untuk menanam jahe merah.Karena jahe merah tersebut dan empon – empon lainnya tersebut diyakini.
“Bisa menjaga ketahan dan imunitas tubuh. Termasuk jahe bisa menghangatkan tubuh,” pungkasnya (Gus)