Data dan Fakta Peran Alumni IBU Dalam Porprov Jatim 2019

12 July 2019 - 11:15 WIB
Alumni IBU, Ardhi Raharjo (dua dari kiri) menjadi pelatih kiper tim sepakbola Kabupaten Malang

TUBAN (SurabayaPost.id) – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim tak hanya menjadi arena adu prestasi para atlet dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur. Namun juga menjadi ajang tali silaturahmi hingga reuni.

Atlet, official dan para pelatih bahkan hingga tenaga medis berkumpul di arena Porprov itu. Tak terkecuali para alumni IKIP Budi Utomo  (IBU) Malang.

Ada banyak data dan fakta bila alumni IBU ini sangat mewarnai ajang Porprov Jatim ini. Mereka tak hanya menjadi atlet yang bersaing. Namun juga banyak yang menjadi official, pelatih, panitia hingga juri atau wasit dari cabang olahraga  (Cabor) yang dipertandingkan.

Beberapa data dan fakta itu bisa disimak  berikut ini:

*Ajang Reuni

Setiap pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Jatim juga menjadi ajang reuni para alumni IKIP budi Utomo. Begitu juga dalam porprov 2019 yg berlangsung tgl 6-13 Juli 2019 di empat kabupaten yaitu Lamongan,  Gresik, Tuban, dan Bojonegoro.

Banyak alumni IBU, khususnya dari Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) S-1, atau Pend Olahraga S-2. Mereka  terlibat dalam porprov dengan menjadi wasit/juri, pelatih, atau official tim dari berbagai kabupaten di Jatim.

“Itu saya temui di arena Porprov. Mereka ternyata masih ingat almamaternya. Buktinya begitu melihat saya, mereka pasti menghampiri dan menyapa. Bahkan mengenalkan bila merupakan alumni IBU,” kata Rektor IKIP Budi Utomo Malang Dr HM Nurcholis Sunuyeko, Jum’at  (12/7/2019).

Rektor yang akrab disapa Yai ini pun merasa bangga. Sebab alumni IBU banyak berperan di ajang – ajang bergengsi seperti Porprov Jatim 2019 kali ini.

*Jadi Pelatih atau Juri (wasit)  

Sejak pertandingan semua Cabor  dimulai, mereka kadang bertemu tidak sengaja, atau sesekali bertemu di luar pertandingan. Pertemuan itu praktis terjalin  dengan penuh keakraban. Mereka saling tukar pengalaman dan informasi.

Cerita pengalaman mereka tentu berkaitan dengan kehidupan dan kesibukannya sehari-hari. Misalnya, yang menjadi pelatih dari beberapa Cabor yang dipertandingkan.  

Sebut aja di antaranya adalah Herman Kusdianto yang menjadi pelatih sepatu roda. Lalu Andre Setiawan, Alumni angkatan 2011, yang jadi juri/wasit dan lain sebagainya.

* Saling Berbagi Info

Para alumni ini juga diberitahu tentang  perkembangan IBU oleh salah seorang Dosen IBU, yaitu Herman Kusdianto yang dalam porprov 2019 menjadi juri di cabang Sepatu Roda.

Menurut Herman Kusdianto, para alumni merasa senang dan bangga menjadi alumni IBU yg mampu menerapkan ilmu yg diperolehnya semasa kuliah dan bermanfaat untuk masyarakatnya.  “Alhamdulillah semua itu berkat kuliah di IBU,” kata dia.

Rektor IBU Malang Dr Nurcholis Sunuyeko kala memberangkatkan atlet Forki Kota Malang

Menyikapi hal tersebut Rektor IBU Malang Dr HM Nurcholis Sunuyeko merasa lega dan bangga. Sebab menurut Yai ini, alumni IBU bisa bermanfaat dan memberi manfaat bagi masyarakat.

“Kami bersyukur mereka sebagai alumni tak lupa pada almamaternya. Yang lebih bersyukur lagi mereka membanggakan semua karena bisa mengamalkan ilmunya yang diperoleh saat kuliah di IBU,” katanya.  (lil/aii)

Berikut alumni IBU yang terlibat dalam kegiatan Porprov 2019:

  1. Ardhi Wahyudi Alumni angkatan 2011 Sebagai Pelatih Futsal Kab. Malang
  2. Christian Raharjo Alumni PJKR ang. 2011, Sebagai Pelatih Kiper Futsal Kab. Malang, Alamat tempat kerja SMPK Santo Yoshep Kepanjen
  3. Bagus Budi Hartono alumni PJKR ang. 2011, Sebagai Wasit Porprov cabor Bola Voli Pantai, Alamat tempat kerja SMP Kartika IV Malang
  4. Nurul Mahfudi Alumni angk. 2011 Sebagai Manajer Futsal Kab. Blitar
  1. M. Agus Muslim Alumni angkatan 1994, Sebagai Juri/wasit Porprov cabor sepatu roda, Alamat tempat kerja MAN 3 Malang
  2. Subiyanto, Alumni angk. 2008 Sebagai Juri/wasit Porprov cabor sepatu roda
  1. Kustiarto, Alumni angk. 1986 Sebagai Juri/wasit Porprov cabor sepatu roda, Alamat tempat kerja SMK Tunas Bangsa Malang
  1. Gatot Hariono, Alumni angk. 1988 Sebagai Juri/wasit Porprov cabor sepatu roda, Alamat tempat kerja SMK Kertanegara Malang
  1. Doni Andri Setiawan, Alumni Pascasarjana angk. 2010 Sebagai Juri/wasit Porprov cabor sepatu roda, Alamat tempat kerja SMAN 4 Malang
  1. Andre Setiawan, Alumni angk. 2011, Sebagai Juri/wasit Porprov cabor sepatu roda. Alamat tempat kerja SDN Tulusrejo 3 Malang.
  2. Sunarko, Alumni angk. 1987 Sebagai Juri/wasit Porprov cabor sepatu roda Alamat tempat kerja SMAN 2 Malang
  3. Budi Irawan, Alumni angkatan 2013 Sebagai Pelatih tim sepak takraw Kota Malang.