Dua Perguruan Tinggi Taiwan Gandeng IBU

26 April 2019 - 17:50 WIB
Rektor IBU Malang Dr Nurcholis Sunuyeko MSi (kanan) saat menandatangani MoU dengan President Asia University, Prof Jeffrey JP Tsai PhD.

CHIAYI COUNTY  (SurabayaPost.id) – Kepercayaan perguruan tinggi internasional terhadap IKIP Budi Utomo  (IBU) Malang terus meningkat. Setelah Thailand, kini giliran dua perguruan tinggi asal Taiwan yang mengandeng IBU yang berhomebase di Kota Malang, Jatim ini.

Kedua perguruan  tinggi dari Negeri Taiwan itu adalah Asia University dan Wufeng University. Mereka sudah resmi bersinergi dan bekerja sama dengan IBU Malang.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sudah dilaksanakan. Dr H Nurcholis Sunuyeko, meneken MoU dengan Ming-Horng Su, President Wufeng University.

Rektor IBU Malang Dr Nurcholis Sunuyeko MSi (kanan) saat menandatangani MoU dengan dua Perguruan Tinggi asal Taiwan.
Rektor IBU Malang Dr Nurcholis Sunuyeko MSi (kanan) saat menandatangani MoU dengan  Rektor Wufeng University Prof  Dr Ming Horng Su

Selain itu penandatanganan kerja sama juga dilakukan  dengan President Asia University, Prof Jeffrey JP Tsai PhD. “Kerja sama itu di banyak bidang,” kata Rektor IBU Malang, Dr Nurcholis Sunuyeko MSi,  Jum’at (26/4/2019).

Dijelaskan dia bahwa kerjasama itu meliputi pertukaran mahasiswa, antar fakultas dan staff. Disamping itu, pertukaran informasi terkait bidang akademik yang terkait. Termasuk melakukan penelitian bersama dan aktivitas lainnya yang saling mengisi.

”Konsep kerjasama ini sudah kita programkan sejak beberapa waktu lalu. Tinggal menunggu momen. Prinsipnya meliputi publikasi ilmiah, joint research dosen, internship dan pertukaran mahasiswa,” ujar dia.

Menurut Rektor IBU yang akrab disapa Yai ini, menghadapi era 4.0 seperti sekarang, IBU harus lebih banyak menjalin kerjasama internasional. Sehingga, IBU semakin cepat dalam berproses untuk menjadi perguruan tinggi internasional.

”Bahkan di Taiwan ini, ada 14 perguruan tinggi yang membuka peluang bersinergi. Tapi tentunya akan disesuaikan dengan kepentingan akademis kita,” sebutnya.

Untuk itu dia berjanji akan berkunjung lagi ke Taiwan dalam waktu dekat ini. Tujuannya untuk menindaklanjuti tawaran kerja sama dengan 14 perguruan tinggi selain Asia University dan Wufeng University.

Sementara itu Presiden Wufeng University, Ming-Horng Su mengaku senang. Sebab  kampusnya bisa sinergi dengan IBU.

Dia beralasan karena sering mendapat informasi, bagaimana IBU menerapkan perkuliahan. Terutama dalam  mengangkat budaya nasional. Termasuk adanya program pertukaran pelajar, yang rutin dilakukan IBU dengan negara-negara lain.

”IBU ini sangat menarik. Ada banyak kesamaan dengan kami di Taiwan. Saya tidak sabar untuk bisa segera mengirim mahasiswa ke IBU. Termasuk selalu menunggu kapan IBU  (mengirim) ke Wufeng University,” tandasnya. (lil)