Gubernur, Pangdam Bersama Wali Kota Ikut Rayakan Hari LVRI ke-62 

13 August 2019 - 19:19 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam dan Wali Kota Dewanti Rumpoko pose bersama anggota LVRI Jatim

BATU (Surabayapost.id) – Gubernur Jawa Timur Dra Hj , Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Dewanti Rumpoko bersama Pangdam Jatim ikut merayakan  Hari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) ke – 62 di Gedung Graha Pancasila Balaikota Among Tani, Kota Batu, Selasa (13/8/2019).

Hari Veteran yang digagas LVRI DPD Jawa Timur bersama Pemerintah Kota Batu dan masyarakat tersebut, dalam melanjutkan pewarisan nilai nilai kejuangan 45 kepada generasi penerus bangsa.

Dalam prosesi tersebut hadir Gubernur Jawa Timur Dra, Hj Khofifah Indar Parawansa, MSi, Pangdam V Brawijaya  Mayjen TNI R. Wisnu Prasetyo Budi, Wali Kota Batu Dra, Hj, Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota Batu Ir H , Punjul Santoso.

Selain itu  Wali Kota Malang Sutiaji, Plt ,Bupati Malang Sanusi dan Bakorwil Malang Benny Sampir Wanto, Muspida Malang Raya, serta DPD LVRI Jawa Timur dan Dewan Pertimbangan LVRI Jawa Timur, Dewan Harian Daerah (DHD 45) bersama seluruh anggota LVRI Malang Raya.

Dengan kesempatan itu, Ketua DPD LVRI Jawa Timur Brigjen TNI Purn , Drs , Ismadi, dalam membacakan sambutannya, Ketua Umum LVRI Letjen TNI (Purn) Rais Abin.

“Bahwa peringatan hari veteran ini merupakan penghargaan kepada para veteran pejuang kemerdekaan atas perjuangan dan pengorbanan di masa revolusi fisik,” katanya.

Untuk itu, menurut dia, peringatan tersebut,  sebenarnya bukan saja dirayakan oleh dan untuk anggota veteran tetapi harus dirasakan oleh rakyat Indonesia.

“Peringatan 10 Agustus bukan sekedar mengenang terjadinya gencatan senjata tapi juga memaknai momentum itu sebagai kemenangan para pejuang kemerdekaan yang bersama sama dengan rakyat berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu Wali Kota Batu Dra, Dewanti Rumpoko dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasihnya atas dijadikannya Kota Batu sebagai tempat peringatan Hari Veteran Nasional.

“Selama 18 tahun Kota Batu berdiri mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat bagus yang semua ini tidak lepas dari perjuangan para pejuang veteran,” puji Dewanti Rumpoko.

Selain itu, menurut Dewanti Rumpoko, Pemerintah Kota Batu memberikan rumah bagi veteran dan setiap tahunnya memberikan tali asih sebanyak 4 kali kepada para veteran yang tergabung dalam LVRI itu.

“Diberikan pada momen sebelum Hari Raya Idul Fitri, HUT RI, HUT Kota Batu dan Peringatan Hari Pahlawan 10 November, yang telah berjasa berjuang,” pungkasnya.

Dengan demikian, Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, menambahkan, bahwa kegiatan semacam ini, menurutnya menjadi penting untuk membangun semangat antar generasi.

“Dimana bangsa ini hadir karena perjuangan dan dedikasi yang luar biasa oleh pendahulu kita, salah satunya veteran, kita harus bergandeng tangan,” pesannya.

Selain itu, Ia mengajak untuk bersama-sama mengusir lawan dan menghimpun kawan, serta membangun integritas warga Jawa Timur untuk menjaga NKRI.

Pada kesempatan itu Gubernur Jawa Timur bersama Wali Kota Batu dan Pangdam V Brawijaya  menyerahkan bantuan kepada Veteran. Bantuan itu berupa uang insentif dan sembako serta mobil operasional DPD LVRI Jawa Timur (Gus)