Hari Kemenangan, Gema Takbir dan Zakat Fitrah di Masjid Babul Hidayah

2 May 2022 - 06:59 WIB
Warga berbondong - bondong menyerahkan zakat fitrah di Masjid Babul Hidayah, Kelurahan Tanjungrejo, Kota Malang Jawa Timur
Warga berbondong - bondong menyerahkan zakat fitrah di Masjid Babul Hidayah, Kelurahan Tanjungrejo, Kota Malang Jawa Timur

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Takbir terdengar tak henti-hentinya dari Masjid Babul Hidayah, Tanjungrejo, Kota Malang, Jawa Timur. Itu menandai, Senin (02/05/2022) adalah Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah

Suasana takbiran di masjid yang berada di perkampungan Jalan IR Rais Gang 14 ini cukup ramai. Apalagi di iringi oleh suara tabuhan musik khas lebaran. Tak hanya orang dewasa, anak – anak pun tampak bersemangat mengumandangkan takbir ” Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar”

Anak - anak nampak turut takbiran di Masjid Babul Hidayah
Anak – anak nampak turut takbiran di Masjid Babul Hidayah

Di satu sisi masjid, tampak panitia penerima zakat fitrah sibuk melayani masyarakat yang akan berzakat.

Ustad Ahmad Sujanto, ketua takmir Masjid Babul Hidayah, mengatakan setiap tahun masjid tersebut selalu ramai didatangi masyarakat untuk membayar zakat fitrah. Terutama jamaah masjid serta warga sekitar yang berada di RT 10, 11 dan 14 RW 04, Kelurahan Tanjungrejo.

 “Tahun ini zakat fitrah dari masyarakat sepertinya meningkat. Jumlah pastinya belum kami hitung, sebab langsung kami serahkan ke panitia Zakat Fitrah RW 04 bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazaisnu) Ranting Tanjungrejo,” terang Sujanto, Minggu (01/05/2022) malam.
 
Dia menuturkan pada Lebaran 2021 silam, kegiatan zakat fitrah juga digelar di Masjid Babul Hidayah.

Semua beras zakat fitrah dan shodaqoh atau zakat mal tersebut, kata dia, juga  langsung diserahkan ke Lazaisnu yang bekerjasama RW 04 untuk disalurkan kepada warga yang memang bisa menerima, seperti kaum dhuafa dan fakir miskin.

Warga berbondong - bondong menyerahkan zakat fitrah di Masjid Babul Hidayah, Kelurahan Tanjungrejo, Kota Malang Jawa Timur.
Warga berbondong – bondong menyerahkan zakat fitrah di Masjid Babul Hidayah, Kelurahan Tanjungrejo, Kota Malang Jawa Timur.

“Zakat fitrah di Masjid Babul Hidayah hanya membantu panitia RW 04 dan Lazaisnu Ranting Tanjungrejo, agar proses zakat fitrah berjalan lancar dan memudahkan jamaah Masjid serta warga sekitar,” tandasnya. (lil)