Jadikan Sampah Bernilai Ekonomi, Dinas LH Kota Batu Gelar Recycling Exhibition

3 April 2021 - 17:21 WIB
Kadis LH Kota Batu, Aries Setiawan, pada saat melihat produk tas yang bakal dipamerkan

BATU ( Surabayapost.id ) – Pemerintah Kota Batu, melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Batu, bakal menggelar event Recycling Exhibition (RE) pada 6 – 22 April 2021, di Lippo Plaza (Batos)  Kota Batu.  Event pameran tersebut hendak menunjukkan bila sampah memiliki nilai ekonomi.

Hal tersebut, disampaikan Kadis LH, Kota Batu, Aries Setiawan, Sabtu (3/4/2021). Menurut Aries, giat yang dimaksud, tujuannya untuk memperkuat komitmen dan peran aktif Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pengelolaan dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

“Bahkan event itu dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2021 sebagaimana dimaksud dalam surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan Nomor, SE.1/MENLHK/PSLB3/PLB.0/2/2021 tentang Hari Peduli Sampah Nasional 2021,” katanya.

Hari Peduli Sampah Nasional itu, menurutnya untuk memperkuat komitmen dan peran aktif Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

“Memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah,” paparnya.

Lantas, papar dia, sekaligus memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau (green business) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.Dengan begitu, ia beberkan rangkaian kegiatannya sebagai berikut.

“Agenda kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Kota Batu Tahun 2021 tersebut.Dimulai pada hari Minggu tanggal 21 Februari 2021 dengan melaksanakan kegiatan santunan bagi pekerja dan pemilah sampah di TPA Tlekung,” ujarnya.

Selain itu, ujar dia, termasuk peninjauan Instalasi pengolah Lindi dan sel sampah di TPA Tlekung, dan penyemprotan Eco Enzyme di sel sampah TPA Tlekung.

“Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan agenda kegiatan lainnya meliputi.Tanam pohon bersama komunitas jeep, yang pelepasan kendaraan oleh Ibu Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko di Balaikota Among Tani,Kota Batu,’ terangnya.

Selanjutnya, terang dia, kegiatan penanaman pohon pada tiga  lokasi. Menurut dia, untuk Forkopimda akan melakukan penanaman pohon di lokasi Gunung Pucung, dan jadwal pelaksanaannya sebagai berikut.

Aries Setiawan bersama pelalu pengrajin daur ulang sampah

“Pada hari Minggu, 4 April 2021 pukul 7,00 Wib. Pesertanya dari Komunitas Jeep sejumlah 40 mobil dan komunitas Land Rover sejumlah 10 mobil, masing – masing mobil terdiri dari 3 peserta,” ungkapnya.

Itu, ungkap dia, untuk lokasi pelepasan kendaraannya, bakal dilakukan di Balai Kota Among Tani.Kemudian, lanjut dia, rangkaian tersebut, terkait lokasi penanaman pohonnya, akan disebar di tiga Kecamatan yang ada di Kota Batu.

“Kecamatan Bumiaji lokasinya di Gunung Pucung, yang di Kecamatan Batu lokasi di Sumber Kalisat Sumberejo, dan untuk Kecamatan Junrejo , lokasinya di hutan TPA Tlekung,” katanya.

Terkait itu semua, kata dia, termasuk festival Bank Sampah dan daur ulang, rincian kegiatannya disebutkannya.

“Pameran profil Bank Sampah Kota Batu ,Bank Sampah Induk dan Bank Sampah Unit.Selain itu, pameran produk daur ulang serta talkshow dan workshop edukasi sampah, yang sekaligus penganugerahan tokoh peduli lingkungan,” timpalnya.

Sedangkan,timpal dia, jadwal pelaksanaannya, pada Selasa – Minggu, 6- 11 April, 2021, pukul 10,00 – 20 ,00 wib. Pesertanya berjumlah 178 Bank Sampah.

“Sejumlah 178 Bank Sampah Unit, 1 Bank Sampah Induk, dan sejumlah 20 Bank Sampah Daur Ulang.Sedangkan yang bakal jadi narasumber workshop dan talkshow  dari empat komunitas,” katanya.

Sedangkan kata dia, untuk lokasi di Lippo Plaza Batu (Batos) susunan acaranya, mulai dari 6 April 2021. Kegiatannya cukup banyak. 

“Laporan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, sambutan Wali Kota Batu, dan pembukaan Festival Bank Sampah dan Daur Ulang Kota Batu dilanjutkan dengan Ibu Wali Kota melakukan peninjauan stand,” katanya.

“Pada  11 April 2021,persiapan acara penutupan festival,kemudian pembukaan dan Doa.Selanjutnya, penutupan festival bank sampah dan daur ulang Kota Batu dan penganugerahan tokoh peduli sampah Kota Batu,” pumgkasnya ( *Gus *)