Kajari Batu Jadi Dalang

8 January 2022 - 21:19 WIB

BATU ( SurabayaPost.id ) – Foto Kepala Kejaksaan Negeri ( Kajari ) Batu , Dr Supriyanto SH MH, Sabtu ( 8/1/2022) beredar di media sosial ( medsos) sedang kansentarasi  belajar jadi dalang wayang kulit,di wilayah Kota Batu.

Beredarnya foto tersebut, dibenarkan Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia ( Pepadi) Kota Batu, Eko Saputro, Sabtu, ( 8/1/ 2022) malam.

” Pak Kajari Batu, Supriyanto, belajar dalang pada waktu longgar malam hari di Saggar Pepadi, Kelurahan Ngaglik, Kota Batu, kediaman saya,” kata Eko.

Lantas, kata dia, baru – baru ini, menurutnya Kajari kalau ada waktu longgar menyalurkan hobi lamanya yang terpendam.

” Dulu kata beliunya sudah pernah belajar dalang waktu masih di Seragen. Kemudian karena berkeling kemana – mana dalam rangka men jalankan tugasnya sebagai Kajari di Kota Batu, setelah ketemu dengan saya.Beliunya punya kesempatan ingin menyalurkan hobi nya kembali,
belajar dalang ,” ungkapnya.

Terlebih, ungkap dia, Kajari punya misi akan menyampaikan hukum kepada masyarakat melalui media wayang. “Ini belum pernah ada 

sepertinya.Apalagi yang melakukan nantinya Pak Kajari sendiri.Kalau  Jaksa nanggap wayang saya rasa hal biasa, namun kalau Jaksa nya sendiri yang jadi dalang itu luar biasa,” seru Eko.

Terlebih lagi, menurut dia, selama ini belum pernah ada, apalagi, sang Kajari sendiri yang berperan sebagai dalangnya.

” Pak Supriyanto punya bakat jadi dalang, dan beliunya lumayan hebat.Budaya yang sangat efektif untuk menyampaikan pandangan – pandangan segala macam,melalui wayang kulit, kan sifatnya universal,” ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, kalau untuk penyampaian tentang hukum, menurutnya bisa sampai kepada masyarakat melalui mendalang akan lebih efektif.

” Itu akan lebih indah dan dikemas dengan budaya wayang akan lebih  luwes Insyaallah bisa masuk pemahaman nya kepada masyarakat,” timpalnya.

 Sementara itu, Kajari Batu, Dr Supriyanto SH MH, saat dikonfirmasi via ponselnya tidak aktif.Sampai berita ini dikabarkan di Surabayapos.id, Supriyanto belum bisa dikonfirmasi ( Gus)