Kajari Batu : ‘Mendalang’ Bukan Hal Baru

9 January 2022 - 13:58 WIB

BATU ( Surabayapost.id ) – Kepala Kejaksaan Negeri ( Kajari) Batu Dr Supriyanto SH , MH, Minggu 
( 9/1/2022) buka suara saat dikonfirmasi via ponsellnya..

Itu, terkait foto dirinya yang beredar sedang konsen belajar jadi dalang wayang kulit yang diberitakan Surabayapost.id , sebelumnya.

Menurut Supriyanto, ditengah kesibukan menjalankan tugas sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Batu, dalam waktu senggangnya menyempatkan diri untuk belajar kembali Seni Wayang Kulit dengan menjadi seorang dalang.Disini, kata dia, juga sebagai bentuk kepedulian dirinya terhadap seniman.

“Dalang wayang kulit bukan merupakan sebuah hal yang baru bagi kita.Mengingat daerah asal kita dari Sragen, yang masih kental akan adat dan budaya jawanya,” kata Supriyanto.

Disitu, kata dia, sempat untuk belajar pedalangan, namun mengingat tugas dirinya berpindah-pindah daerah, sehingga  hobi tersebut seolah tak lagi tersentuh.

“Baru lah, ketika ditugaskan di Kota Batu, dan mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Ki Eko yang mana beliau juga bertindak sebagai Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi Kota Batu.

Dalam beberapa kegiatan, kami  dapat kembali menyalurkan hobi yang telah lama terputus di Sanggar Pepadi Kota Batu milik Ki Eko,” ungkapnya.

Terlebih,ungkap dia, dirinya juga memiliki misi untuk menyampaikan sosialisasi hukum kepada masyarakat melalui media wayang.

‘ Sehingga langkah ini  akan jauh lebih efektif, dimana masyarakat akan lebih teredukasi tentang hukum dengan cara baru,”  paparnya.

Itu, papar dia, seperti halnya apa yang dilakukan pendahulu kita dalam mensyiarkan agama melalui media wayang ( Gus)