Kalangan Dewan: Pembagian 30 Ribu Sembako Murni dari Swasta

9 April 2020 - 20:24 WIB
Agung Sugiono, Khamim Tohari dan H M Didik Subiyanto

BATU (surabayapost.id) – Jatim Park Group bakal menggelontorkan 30.000 paket sembako kepada warga Kota Batu yang terdampak wabah Covid – 19, Jumat (10/4/2020). Kalangan DPRD Batu menegaskan jika pemberian sembako itu murni dari swasta buka dari Pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Batu, Agung Sugiono, Kamis (9/4/2020) malam. Menurut Agung, yang politisi Partai Gerindra ini, hal tersebut perlu dipertegas agar tidak bias.

Itu mengingat kata dia di luaran sudah tersiar kabar yang bias. Padahal pemberian semakin itu murni kebijakan Jatim Park group yang sudah disampaikan sebelumnya oleh manajemen perusahaannya.

Mereka kata dia sudah menyiapkan anggaran sejumlah 30.000 paket sembako itu dengan nilai total Rp 5,2 miliar. “Ya itu agar dimengerti oleh masyarakat Batu jika hal tersebut murni kebijakan Jatim Park group. Artinya masyarakat supaya mengerti bahwa pemerintah Kota Batu meski sudah menyiapkan anggaran mencapai puluhan miliaran rupiah belum direalisasikan kepada masyarakat Batu,” kata Agung.

Untuk itu, dengan penjelasan ini, menurutnya masyarakat bisa mengerti. Sebab diluaran juga ada rumor bahwa apa yang akan dilakukan Jatim Park grup besuk ini, sebagian masyarakat mengira sembako itu kebijakan dari Pemkot Batu.

Selanjutnya ditambah oleh H M Didik Subiyanto ketua fraksi PKB, menurutnya kalau hal ini tidak diluruskan kuatir masyarakat beranggapan itu semua programnya dari Pemkot Batu.

“Kami juga berharap demi masyarakat agar tidak terjadi yang tidak diinginkan, atau ada yang memanfaatkan momen kebijakan Jatim Park grup ini, sedianya manajenen Jatim Park harus teliti penyalurannya supaya tepat sasaran,” pesannya.

Selain itu pesan dia, dengan adanya musibah Covid – 19 ini, apa yang dilakukan Jatim Park grup patut diapresiasi dan mudah – mudahan tidak ada yang mengklaim oleh oknum – oknum yang tidak bertangung jawab dan ditunggangi dengan kepentingan politik untuk mendatang.

“Anggaran di Pemkot Batu sudah disediakan.Kami berharap eksekutif segera merealisasikan kepada warga.Warga sudah sangat membutuhkan, dan masih mau menunggu pembahasan apa lagi. Sedangkan di daerah lain, sudah bergerak tanpa ba..bi..bu,” sindir pria berdarah Madura yang sapaan akrabnya Kaji Byanto ini.

Sementara itu, Ketua Komisi C Khamim Tohari dari politisi PDIP mengaku heran. “Sebenarnya karena anggarannya sudah ada pemerintah lebih cepat lebih baik, segera realisasikan bantuan itu kepada yang membutuhkan,” kata dia.

Untung saja kata dia, Jatim Park grup cepat dan tanggap, dan mau merealisasikan. Paling tidak kata dia bisa mengobati kegelisahannya masyarakat Kota Batu yang selama ini menunggu kebijakan Pemkot Batu.

Yang perlu diketahui yang pernah disampaikan Manajer Marketing dan Humas Jatim Park grup Titik, yang sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5,2 miliar.

Sesuai programnya ada 30.000 paket sembako yang akan dibagikan pada warga. Sembako itu akan dibagikan selama tiga bulan, perbulannya sejumlah 10.000 paket selama tiga bulan yang bakal disebar di 19 desa dan 5 kelurahan se Kota Batu. Per paketnya senilai Rp 175.000 yang bakal dibagikan selama kurun waktu 3 bulan.Mulai April sampai Juni mendatang. (Gus)